Audit Investigasi Petral: Pertamina dan Pemerintah Tidak Terlibat Mafia Migas

Kompas.com - 09/11/2015, 07:07 WIB
Mentri ESDM Sudirman Said KOMPAS.com/SRI LESTARI Mentri ESDM Sudirman Said
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com — Audit investigasi terhadap Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) dan anak usahanya telah selesai. (Baca: Audit Investigasi Petral Akhirnya Selesai)

Satu poin temuan penting, yaitu PT Pertamina (Persero) sebagai induk dari Petral Group tidak terlibat dari permainan kotor para mafia migas ini.

Demikian ditegaskan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Minggu (8/11/2015).

"Jadi, ada pihak ketiga yang bukan manajemen Petral, bukan Pertamina, bukan pemerintah yang ikut campur," kata Sudirman.

Lebih lanjut, dia bilang, ikut campur atau intervensi pihak ketiga ini mulai dari mengatur tender, membocorkan harga perhitungan sendiri, serta menggunakan instrumen dan karyawan manajemen Petral untuk memenangkan kepentingan-kepentingannya.

"Akibat dari ikut campurnya itu, secara menyeluruh, Petral, Pertamina, dan akibatnya masyarakat tidak memperoleh harga yang optimal, harga yang terbaik, ketika melakukan pengadaan-pengadaan," ucap Sudirman.

Sebagaimana diberitakan, likuidasi Petral Group merupakan satu dari sekian banyak rekomendasi Tim Reformasi dan Tata Kelola Migas, yang digawangi Faisal Basri dkk, untuk membersihkan praktik-praktik mafia.

Sebelum pembubaran Petral Group, Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk dilakukan audit investigasi.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X