Kompas.com - 11/12/2015, 21:22 WIB
Suasana pelatihan program Daya oleh bank BTPN di kantor cabang Denpasar, Jumat (11/12/2015). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANSuasana pelatihan program Daya oleh bank BTPN di kantor cabang Denpasar, Jumat (11/12/2015).
|
EditorJosephus Primus

DENPASAR, KOMPAS.com - Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu sektor pendorong perekonomian nasional. Meskipun jumlahnya banyak, tidak sedikit UKM yang mengalami beragam masalah dalam menjalankan dan mengembangkan usaha. Apa alasannya?

Agar usaha yang digeluti dapat berkembang dengan baik, salah satu aspek penting yang harus dilakukan oleh para pelaku UKM adalah dengan melakukan inovasi. Tujuannya adalah jenis produk maupun jasa yang ditawarkan berbeda dengan para pesaing, sehingga konsumen akan berdatangan. "Kalau saya yang penting menjaga kualitas dan pelayanan supaya pelanggan bisa kembali lagi dan belanja lebih banyak. Berikan pelayanan yang terbaik," kata Musyrifah, pelaku UKM kerajinan perhiasan perak dalam pelatihan Daya di Kantor Cabang BTPN Denpasar, Jumat (11/12/2015).

Senada dengan Musyrifah, Umi yang merupakan pelaku UKM dalam bidang sarana dan prasarana sekolah dan anak-anak pun mengaku inovasi merupakan hal penting dalam mempertahankan bisnis. Dengan inovasi, Umi dapat bersaing dengan pengusaha lain yang sejenis. "Saya membuat ayunan dan perosotan. Selalu membuat inovasi, tiap tahun modelnya berbeda. Saya buat perosotan modalnya macam-macam dan ayunan modelnya beda-beda," ungkap Umi.

Keduanya setuju bahwa inovasi dalam menjalankan bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tidak hanya melakukan diversifikasi produk, meningkatkan pelayanan dan kualitas pun merupakan inovasi, sehingga pelanggan akan tetap setiap membeli produk dan bisnis pun semakin berkembang. "Kalau pelayanan bagus, nanti pelanggan tidak akan kapok. Dari mulut ke mulut dikabari, nanti akan ramai," kata Musyrifah.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.