Jokowi Minta Televisi Kusrin Dipatenkan

Kompas.com - 25/01/2016, 16:47 WIB
Muhammad Kusrin diterima Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (25/1/2016). PRESIDENTIAL PALACE/ Agus SupartoMuhammad Kusrin diterima Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (25/1/2016).
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com — Televisi rakitan warga Karanganyar, Jawa Tengah, Muhamad Kusrin akan dipatenkan. Kementerian Perindustrian akan melakukan bimbingan untuk mendapatkan hak paten itu.

"Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, akan membantu pengurusan paten televisi-televisi produk Kusrin," kata Menteri Perindustrian Saleh Husin melalui siaran pers di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Hal tersebut dilakukan, lanjut Husin, atas arahan Presiden Joko Widodo saat bertemu Kusrin di Istana Negara, yang menyampaikan agar paten untuk televisi rakitan Kusrin diurus.

Kementerian Perindustrian, lanjutnya, akan terus membina dan memberikan arahan pengembangan usaha UD Haris Elektronik milik Kusrin sehingga nilai jualnya akan lebih meningkat.

Pada 19 Januari 2016, Husin menyerahkan sertifikat produk penggunaan tanda Standar Nasional Indonesia (sertifikat SNI) kepada Kusrin untuk produk televisi rakitan jenis tabung atau cathode ray tube (CRT).

Kusrin menyematkan tiga merek pada televisi rakitannya, yakni Maxreen, Veloz, dan Zener, dengan pangsa pasar menengah ke bawah.

"Pangsa pasarnya menengah ke bawah karena dijual Rp 400.000-Rp 500.000 per unit. Produksi setiap hari kira-kira hingga 150 unit," ucap Menperin. ‎ ‎ 

 
Kusrin juga berencana mengembangkan usahanya dengan membuka cabang pemasarannya ke Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Ke depan, dia ingin merakit televisi LED. Namun, hingga saat ini, permintaannya masih banyak pada televisi tabung.

Kompas TV Akhirnya TV Kusrin Dapat SNI dari Jokowi



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X