Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan Tegaskan Pemerintah Tidak Akan Beri Jaminan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.com - 28/01/2016, 17:09 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, pemerintah tidak akan memberikan jaminan terhadap proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, yang dikembangkan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China. Dengan tidak adanya jaminan ini, pemerintah tidak akan terbebani jika proyek tersebut mangkrak.

Ditemui seusai rapat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jonan mengatakan, pengembang kereta cepat untuk saat ini tidak meminta jaminan dari pemerintah. "(Kalau minta jaminan) enggak (dikasih)," kata Jonan, Kamis (28/1/2016).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko mengungkapkan, izin pembangunan belum diberikan lantaran pihaknya berhati-hati terhadap risiko.

"Karena ini menyangkut 50 tahun (ke depan), harus hati-hati sehingga kalau fail atau gagal, bukan tanggung jawab negara," kata dia, Senin (25/1/2016).

Hermanto menuturkan, apa yang terjadi di Taiwan bisa jadi pembelajaran. Pengelola kereta cepat di Taiwan bangkrut karena jumlah penumpang tidak sesuai dengan perkiraan. Akhirnya, proyek tersebut diambil alih oleh pemerintah dan menjadi tanggungan negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com