Wujudkan Kedaulatan Pangan, Kementan Siapkan Strategi Ini

Kompas.com - 20/04/2016, 20:00 WIB
Seorang petani di Gorontalo membajak sawah dengan traktor tangan. Kompas.com/ Rosyid AzharSeorang petani di Gorontalo membajak sawah dengan traktor tangan.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian terus menyiapkan strategi untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

"Pertama, harus mampu mewujudkan ketahanan pangan. Dalam arti mampu mencukupi pangan dari produk dalam negeri," ujar Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementan (BPPSDMP) Momon Rusmono di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, Yogyakarta, Rabu (20/4/2016).

Menurut Momon,ada beberapa sasaran kedaulatan pangan. Pertama yakni peningkatan ketersediaan pangan, utamanya padi, jagung, kedelai, daging.

Selanjutnya adalah pendidikan. Saat ini, sudah ada enam STPP yang tersebar, seperti di Yogyakarta, Magelang (STPP Peternakan), Bogor, Manokwari, Ciawi, dan Lawang.

"Peserta didik tidak hanya PNS. STPP seluruh Indonesia menerima non aparatur, aparatur, dan penyuluh swadaya," imbuhnya.

STTP merupakan lembaga pendidikan kedinasan yang diselenggarakan oleh lembaga terkait yang bernaung di bawah Kementerian Pertanian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.