Hingga April 2016, Penyaluran Kredit Mikro Bank Mandiri Tembus Rp 45,47 Triliun

Kompas.com - 11/05/2016, 16:03 WIB
Pengambilan uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri, Jakarta KONTAN/MURADIPengambilan uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri, Jakarta
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melaporkan penyaluran kredit mikro hingga bulan April 2016 mencapai Rp 45,47 triliun.

Capaian ini meningkat 19,13 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun target pertumbuhan penyaluran kredit mikro perseroan adalah sekitar 21,6 persen pada tahun ini.

Kredit mikro adalah fasilitas kredit yang diberikan nasabah dengan plafon maksimal Rp 200 juta.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, dalam penyaluran kredit mikro, perseroan memanfaatkan jaringan bisnis mikro yang meliputi 994 cabang mikro, 1.427 unit mikro dan 652 kios mikro, di seluruh Indonesia.

“Dari jumlah tersebut, hampir 56 persen jaringan mikro Mandiri berada di luar Pulau Jawa. Hal ini akan mendukung upaya kami untuk menjangkau pelaku usaha kecil yang berada di wilayah pelosok,” kata Rohan Rabu (11/5/2016) di Jakarta.

Sementara itu, realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri hingga 7 Mei 2016 mencapai Rp 5,92 triliun kepada 119.005 debitur.

Nilai tersebut setara dengan 45,5 persen dari target penyaluran KUR tahun ini sebesar Rp 13 triliun.

Dari target tersebut, Rp 6,5 triliun dialokasikan untuk KUR Ritel, Rp 6 triliun untuk KUR Mikro.

Adapun Rp 500 miliar diberikan untuk KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Secara sektor, penyaluran KUR Bank Mandiri masih didominasi bidang usaha perdagangan, yakni hampir 77 persen, lalu diikuti sektor jasa dan sektor Industri.

Adapun secara regional, penyaluran KUR terbesar dilakukan di Provinsi Jawa Timur, yakni kepada 19.165 debitur senilai Rp 851,16  miliar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X