Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan: Konsumsi Masyarakat Justru Meningkat Saat Puasa

Kompas.com - 12/06/2016, 11:56 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pertanian Amran Sulaiman beranggapan bahwa konsumsi masyarakat seharusnya menurun saat bulan Ramadhan, tetapi kenyataan di lapangan ternyata sebaliknya.

Fluktuasi harga berbagai komoditas pokok selalu terjadi setiap tahunnya jelang puasa hingga Lebaran, seiring dengan peningkatan konsumsi masyarakat.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman merasa heran mengapa hal ini bisa terjadi. Pada bulan yang seharusnya konsumsi menurun karena ibadah puasa malah meningkat tajam.

"Harusnya kalau menahan diri puasa itu mengurangi konsumsi supaya itu kan hakikinya menahan diri mengurangi nafsu, menahan nafsu, segala nafsu kita kurangi. Harusnya kebutuhan kita berkurang secara logika, bukan bertambah, justru ini tidak terkontrol, ini ada anomali," ujar Amran, Minggu (12/6/2016).

Terkait dengan hal ini, Kementerian Pertanian (Kementan) mempersiapkan pasokan pangan hingga dua kali lipat saat puasa dan Lebaran.

"Jadi siapkan dua kali lipat, padahal kita puasa kan, pagi sampai sore menahan makan, minum, kemudian nafsu, semua ditahan. Tetapi, ini nafsu membelinya meningkat, kok ada anomali juga," jelas Amran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com