AP II Minta Maaf Terminal 3 Ultimate Belum Bisa Beroperasi 20 Juni

Kompas.com - 17/06/2016, 09:00 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (21/4/2016) Kompas.com/ Yoga SukmanaDirektur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (21/4/2016)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Angkasa Pura II menerima keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang belum mengizinkan Terminal 3 Ultimate beroperasi pada 20 Juni 2016.

Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi menyampaikan permintaan maaf kepada masyarat lantaran belum bisa mengoperasikan Terminal 3 Ultimate pada masa mudik Lebaran 2016.

"Terimakasih atas dukungan masyarakat , maaf belum bisa melayani arus mudik , insyaallah AP II akan melayani masyarakat dengan baik pasca Lebaran," ujar dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Menurut Budi, pihaknya akan mengupayakan perbaikan peralatan di Terminal 3 Ultimate sehingga mencapai standar keamanan.

"Masalah seperti tower yang tengah di buat SOP-nya dan genset yang sedang kami sempurnakan," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan tidak memberikan izin pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 20 Juni 2016.

Saat melakukan uji coba kelistrikan, Kemenhub menemukan ada masalah pada sistem jaringan listrik di terminal bandara yang dibangun dengan Rp 7 trilun tersebut.

Temuan tersebut yakni tidak berjalannya sistem kelistrikan saat uji coba menggunakan genset. Aliran listrik tidak sampai ke terminal namun berhenti di panel distribusi.

Padahal saat dlakukan uji coba menggunakan aliran listrik PLN, sistem berfungsi dengan baik. (Baca: Belum Penuhi Syarat, T3 Ultimate Belum Boleh Beroperasi 20 Juni 2016 )

Kompas TV Pengerjaan Terminal 3 Soetta Terus Dikebut
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.