Garap Theme Park Lido, MNC Land Peroleh Pinjaman Rp 6,7 Triliun dari China

Kompas.com - 23/06/2016, 12:35 WIB
Kawasan Resor Lido, Cigombong, Jawa Barat MNC LandKawasan Resor Lido, Cigombong, Jawa Barat
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MNC Land Tbk telah menerima letter of interest dari Chinese Export and Credit Insurance Corporation untuk pengembangan theme park resort terintegrasi sekelas Disneyland di Lido, Bogor, jawa Barat.

"Jalan terus, kami sudah teken perjanjian dengan China senilai 500 juta dollar AS untuk pembangunan theme park," ujar Direktur PT Media Nusantara Citra Tbk, Syafril Nasution di Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Jika dirupiahkan dengan kurs Rp 13.500 per dollar AS, maka nilai dana pinjaman tersebut sebesar Rp 6,75 triliun.

Dana yang digelontorkan untuk pembangunan theme park tersebut akan di biayai oleh Sinosure Insurance China, Bank of China, dan Construction of China, selama kurang lebih 15 tahun.

Namun demikian, ketika ditanya berapa bunga yang ditetapkan bank asal China tersebut, Syafril masih enggan untuk menyebutkan besarannya. "Bunganya berapa belum bisa kami sebutkan," tutur Syafril.

Syafril hanya menyebutkan, luas lahan yang akan digarap kurang lebih sekitar 3.000 hektare, dan lahan yang akan digunakan untuk theme park sekitar 100 hektare.

Rencananya, pembangunan theme park ini akan rampung dua tahun kedepan atau pada 2018 mendatang. "Ground breaking masih proses, targetnya 2018," pungkas Syafril.

Molor

Pembangunan theme park ini sebenarnya molor dari jadwal semula. Hary Tanoesoedibjo, pimpinan Grup MNC, sebelumnya menargetkan theme park ini beroperasi penuh mulai 2016.

Proyek ini akan dikembangkan di area luas 2.000 hektare (ha). Selain tempat wisata,  anak usaha Grup MNC, PT MNC Land Tbk merencanakan pembangunan kawasan perumahan, hotel, gedung pertemuan, kawasan bisnis dan lapangan golf.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.