Dirut: Satelit BRISat Sudah Berada di Atas Langit Papua

Kompas.com - 11/07/2016, 17:30 WIB
Direktur Utama BRI Asmawi Syam (tengah) memamerkan miniatur BRIsat di Jakarta, Selasa (31/5/2016). Sakina Rakhma Diah SetiawanDirektur Utama BRI Asmawi Syam (tengah) memamerkan miniatur BRIsat di Jakarta, Selasa (31/5/2016).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Asmaswi Swam menyatakan bahwa Satelit BRisat sudah berada di atas langit Papua atau sudah mengorbit pada 150,5 derajat Bujur Timur.

Asmawi mengatakan saat ini sateli BRIsat sedang dalam proses Hand Over atau pemanfaatan 45 transponder yang diserahkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Kami serahkan ke Kominfo, yang melakukan assesment kelayakan dan siapa yang memerlukan dan kapasitasnya itu nanti Kemenkominfo," katanya saat ditemui di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jakarta.

Asmawi menuturkan sembari menunggu proses satelit BRIsat selesai pihaknya perusahaannya tengah menyiapkan produk digital banking yang bisa memanfaatkan satelit tersebut seperti Teras Pasar.

"Ya kita sudah bangun itu. Sekarang tinggal keterjangkauannya. Karena memerlukan satelit. Kan sistem kita terbatas," ucapnya.

Dia juga mengungkapkan satelit BRIsat ini juga bisa mengembangkan teknologi perbankan seperti e-pasar BRI. Sehingga jika satelit BRIsat sudah jalan maka bisa meningkatkan kapasitas dari e-pasar BRI.

"Itu (satelit BRIsat) juga untuk kembangkan Laku Pandai juga yang butuh transponder," pungkasnya.

Kompas TV BRI Tunda Peluncuran Satelit Brisat

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X