Ajarkan "Entrepeneur", Pesantren Ini Ajak Santrinya Bisnis Kopi

Kompas.com - 16/08/2016, 14:02 WIB
Kopi 'Mahkota Raja' asal Jawa Timur yang mampu Ekspor ke Malaysia, Singapura, Australia dan Dubai. (Dok Kopi Mahkota Raja) Pramdia Arhando JuliantoKopi 'Mahkota Raja' asal Jawa Timur yang mampu Ekspor ke Malaysia, Singapura, Australia dan Dubai. (Dok Kopi Mahkota Raja)
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Pesantren Mukmin Mandiri asal Jawa Timur mengajak para santrinya untuk terjun dalam bisnis kopi.

Pimpinan Pesantren Mukmin Mandiri, Muhammad Zakki, menuturkan, para santri tidak hanya belajar soal agama, tetapi juga berwiraswasta.

"Harapannya bisa menjadi pengusaha yang hafal Al Quran," tutur Zakki kepada Kompas.com.

Dengan pola tersebut, Zakki berharap Pesantren Mukmin Mandiri menjadi pilihan pertama orangtua untuk menyekolahkan anaknya.

Zakki menjelaskan, dalam proses seleksi masuk pesantren, pihaknya menetapkan sejumlah syarat yang berkaitan dengan agama dan kewiraswastaan.

"Untuk menjadi santri di Pesantren Mukmin Mandiri ini harus melalui proses ujian. Ujiannya adalah membaca Al Quran dan wawancara entrepreneurship (wiraswasta)," tutur Zakki.

"Jika sudah memenuhi kualifikasi, para calon santri masuk etape condrodimuko (penggemblengan) di pesantren. Condrodimuko-nya dalam bentuk pelatihan entrepreneurship (teori) dan praktik wiraswasta (produksi, marketing kopi, dan manajemen) dengan volume kurikulum 25 persen teori dan 75 persen praktik," ungkapnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait soal dipilihnya kopi sebagai komoditas yang diproduksi, Zakki mengatakan, hal itu berawal dari kecintaannya terhadap kopi yang kemudian mendapatkan respons yang positif dari para santri.

"Kita harus buktikan santri juga bisa bikin kopi," ujar Zakki.

Biasanya, kata Zakki, lulusan pesantren hanya jadi guru mengaji, penceramah, atau modin. "Nah, di sini kami coba latih mereka untuk jadi wiraswasta," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X