Kompas.com - 30/08/2016, 18:40 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuka satu lagi gerai perizinan kapal di Pati, Jawa Tengah. Pembukaan gerai baru di Pati ini, sebab wilayah ini merupakan lokasi terbanyak pengguna cantrang.

Direktur Pengendalian dan Penangkapan Ikan KKP Saifuddin mengatakan, dengan tambahan satu gerai ini, maka hingga Agustus 2016 sudah ada 12 gerai perizinan kapal.

Yakni di Kendari, Belawan, Bitung, Jakarta, Sibolga, Indramayu, Pemangkat, Manado, Pekalongan, Bali, Probolinggo, serta Pati.

Saifuddin mengatakan, pembukaan satu gerai di Pati ini menjadi pembukaan kedua gerai perizinan kapal di Jawa Tengah. Sebelumnya, gerai perizinan kapal dibuka di PPN Pekalongan.

"Pati menjadi lokasi terbanyak pengguna cantrang dan menjadi rekor lokasi terbanyak penerbitan SIUP, SIPI, dan buku kapal," kata Saifuddin melalui keterangan resmi, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Di Pati, sebanyak 83 Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), 71 Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), dan 52 Buku Kapal Perikanan (BKP) berhasil diterbitkan. Sementara itu, telah dilakukan pula cek fisik alat penangkap ikan (API) terhadap 88 kapal perikanan.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, KKP Zuficar M Mochtar mengatakan, pembukaan gerai ditargetkan mencapai 31 lokasi di Indonesia.

Gerai-gerai perizinan ini dibuka untuk penataan ukuran kapal dan mewujudkan perikanan lestari.

"Kami harap pelaku usaha dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus izin kapal mereka. Sesuai tindak lanjut penataan kapal, kami memeriksa kesesuaian terhadap dokumen kapal penangkap ikan," terang Zulficar.

Dia menambahkan, dari 12 gerai perizinan yang dibuka, telah diterbitkan sebanyak 296 SIUP serta 299 SIPI.

Kompas TV Menteri Susi: KKP itu Hotspot- Satu Meja

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.