Ekonomi dalam Kondisi Baik, Sepatutnya The Fed Naikkan Suku Bunga?

Kompas.com - 07/09/2016, 11:38 WIB
|
EditorAprillia Ika

RENO, KOMPAS.com - Seorang pejabat bank sentral AS Federal Reserve menyatakan bahwa suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) seharusnya naik secara bertahap atau gradual.

Menurut Presiden Fed San Francisco John Williams, The Fed seharusnya segera menaikkan suku bunga, kenapa?

"Masuk akal bila kembali ke langkah peningkatan (suku bunga acuan) secara gradual, barangkali lebih cepat lebih baik," ujar Williams seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (7/9/2016).

Pernyataan Williams dianggap berkebalikan dengan kondisi saat ini. Penyerapan tenaga kerja di AS mengalami perlambatan dan sektor jasa pun dilaporkan melemah.

Dalam pernyataannya, Williams tidak menyinggung tentang rilis data kegiatan sektor jasa AS yang mencapai titik terendah dalam enam bulan.

Selain itu, Williams pun tak menyinggung data yang dirilis akhir pekan lalu terkait melemahnya penyerapan tenaga kerja pada Agustus 2016.

Menurut Williams, perekonomian AS saat ini dalam kondisi baik. Ia memproyeksikan tingkat pengangguran yang saat ini mencapai 4,9 persen akan turun ke 4,5 persen di 2017 dan inflasi akan berada pada sasaran The Fed, yakni dua persen, dalam satu atau dua tahun ke depan.

Akan tetapi, untuk jangka panjang, Williams menegaskan bahwa ia jauh dari nyaman dengan pendekatan kebijakan moneter yang saat ini dilakukan The Fed. Mengapa demikian?

Menurut Williams, menargetkan inflasi yang rendah tidak akan berlangsung dengan baik dalam kondisi di mana pertumbuhan ekonomi dan suku bunga acuan akan lebih rendah dari era sebelum Great Recession (Resesi Besar).

"The Fed hanya memiliki bantalan kecil untuk mempertahankan diri dari guncangan di masa mendatang," ungkap dia.

Williams pertama kali mengeluarkan pendapat untuk merombak arah kebijakan moneter The Fed pada bulan lalu. Pada saat yang sama, Williams pun mendorong kenaikan suku bunga acuan FFR.

Adapun Gubernur The Fed Janet Yellen pada pidatonya bulan lalu menyatakan bahwa The Fed sedang tak mempertimbangkan perombakan strategi seperti yang dituntut Williams.

Kompas TV The Fed Naikkan Bunga?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.