4 Jenis Cara Berhemat Berkat Bantuan Kartu Kredit

Kompas.com - 25/09/2016, 19:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu alat bantu transaksi yang paling populer di masyarakat adalah kartu kredit.

Kartu kredit berfungsi untuk melakukan pembayaran transaksi yang lebih fleksibel dibandingkan uang tunai atau kartu debit karena pelunasan transaksi dilakukan pada tanggal jatuh tempo.

Sebagian masyarakat masih mengganggap kartu kredit sebagai pendorong penggunanya untuk menjadi lebih boros. Padahal, kartu kredit dapat dipakai sebagai alat bantu berhemat sehari-hari jika penggunanya jeli. Ini dia beberapa caranya:

1. Bisa menolak godaan membeli barang-barang bernilai rendah

Jika kamu sering membawa uang tunai, salah satu dampak negatifnya adalah kamu mudah tergoda untuk jajan makanan atau membeli barang lain bernilai kecil.

Cobalah untuk tidak terlalu banyak membawa uang tunai dan siapkan kartu kredit. Selain lebih mudah menahan godaan dari banyak jajan, hal ni juga membantu saat kamu sedang menjalani program diet jajan.

2. Tidak perlu khawatir rugi kembalian

Jika kamu belanja di toko atau supermarket, harga barang yang kamu beli kemungkinan besar memiliki angka yang jelek. Misalnya, kamu belanja dengan tota nilai Rp 89.435. Tergantung kebijakan toko atau supermarket, harga tersebut akan di-mark up karena tidak ada kembalian.

Semakin sering kamu belanja, kembalian yang seharusnya kamu peroleh tersebut jika dikumpulkan jumlahnya akan semakin banyak. Dengan kartu kredit, kamu juga jadi tidak perlu repot sering menerima kembalian dalam bentuk receh.

3. Hemat tenaga

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.