IHSG dan Rupiah Jeblok Terhantam Pilpres AS? Ini Kata Analis...

Kompas.com - 09/11/2016, 11:36 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham shutterstockIlustrasi pergerakan harga saham
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Persaingan menuju kursi presiden Amerika Serikat kian memanas dan mendebarkan. Bagaimana tidak, hasil perhitungan sementara terbaru menunjukkan calon presiden Partai Republik, Donald Trump, memimpin perolehan suara dengan 167 electoral votes.

Sementara itu, calon presiden Partai Republik, Hillary Clinton, tercatat mengumpulkan 109 electoral votes. Secara persentase, Trump mengumpulkan 48,9 persen suara, sementara Hillary 46,9 persen.

Memanas dan mendebarkannya kondisi Pilpres AS rupanya berdampak ke Indonesia yang ditandai dengan melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Pukul 11.00 WIB, IHSG terpantau berada di level 5.376,55, turun 1,72 persen atau 94,12 poin dibandingkan saat pembukaan di level 5.491.

"Betul, terutama untuk IHSG saya lihat ada kekhawatiran (bahwa) Trump yang menang sehingga investor ambil langkah hati-hati," ujar Head of Research PT Infovesta Utama, Edbert Suryajaya, kepada Kompas.com, Rabu (9/11/2016).

Kepala Riset Universal Broker Indonesia, Satrio Utomo, pun mengamini bahwa kondisi pasar saat ini cukup berhati-hati dalam mengambil posisi, mengingat orang yang diharapkan oleh pasar untuk menjadi nomor satu di AS adalah Hillary Clinton.

"Ya, market darling-nya memang Hillary Clinton," ucap Satrio.

Selain IHSG, rupiah pun merespons negatif terhadap perolehan sementara Pilpres AS. Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia pukul 11.00 WIB, rupiah berada di level Rp 13.084 per dollar AS.

Namun, menurut Kepala Riset MNC Securities, Edwin Sebayang, efek yang ditimbulkan dari hasil Pilpres AS hanya bersifat sementara bagi pasar dalam negeri. "Short term shock only," ujarnya.

Sekadar informasi, Trump hanya membutuhkan perolehan 103 electoral votes untuk melenggang ke Gedung Putih.

(Baca: Trump Pimpin Perolehan Suara, Rupiah dan IHSG "Longsor")



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X