Fluktuasi Harga Pangan, Darmin Prediksi Inflasi November 2016 Lebih Tinggi

Kompas.com - 29/11/2016, 16:45 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan inflasi pada bulan November 2016 akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan Oktober lalu.

Pasalnya, selama November 2016, terjadi harga pangan yang fluktuatif imbas dari cuaca. "Mungkin November-Desember ada inflasi. Saya tidak tahu juga berapa angkanya, tapi akan lebih tinggi dari sebelumnya," ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Darmin menjelaskan, harga pangan sangat bergantung pada cuaca dan musim. Beberapa komoditas pertanian ada yang cocok dengan musim hujan dan ada juga yang tidak.

"Pangan sangat erat dengan musim. Musim hujan untuk padi cocok, tapi cabai dan bawang tidak cocok," jelasnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi Oktober 2016 tercatat sebesar 0,14 persen. Adapun inflasi kumulatif hingga Oktober 2016 sebesar 2,11 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.