Kereta Api Peti Kemas Percepat Distribusi Barang Ekspor-Impor

Kompas.com - 13/01/2017, 16:26 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan penggunaan kereta api petikemas rute Gedebage-Tanjung Priok dapat mempercepat kegiatan ekspor-impor. Sebab, bisa menjadi alternatif pengiriman barang ekspor-impor.

Saat ini ada pelarangan truk melewati tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) yang memperlama waktu tempuh kegiatan logistik ekspor-impor lewat jalur darat.

"Paling tidak keterlambatan karena kemacetan lewat jalur darat bisa diatasi dengan kereta api petikemas," ujar Enggartiasto di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Selain itu, kata Enggartiasto, pengiriman petikemas lewat kereta api dapat menekan biaya logistik perusahaan.

"Kereta api lebih efisien, keamanannya juga lebih terjaga dan tarifnya lebih murah," ujar Enggartiasto.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro mengatakan, kereta api Gedebage- Tanjung Priok sebenarnya sudah beroperasi sejak Juni 2016.

Namun, kata dia, pengoperasian rute tersebut hanya satu kali dalam dua hari. Maka dari itu, pihaknya menambah perjalanan operasional rute tersebut menjadi empat perjalanan dalam sehari.

Waktu tempuh angkutan barang dengan kereta api selama 4-5 jam. "Mulai 14 Januari 2017 akan ada angkutan 4 kali perjalanan. Kami juga harus pikirkan perjalanan keretanya. Jangan sampai mengganggu KRL," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.