Produsen Botol Kaca Internasional Gunakan Gas Bumi PGN

Kompas.com - 13/02/2017, 19:00 WIB
Salah satu petugas Perusahaan Gas Negara sedang meninjau terminal alat pengatur tekanan yang dikenal dengan Matering and Regulating Station (MR/S) di Cirebon, Senin (15/8/2016). KOMPAS.com/ARI PRASETYOSalah satu petugas Perusahaan Gas Negara sedang meninjau terminal alat pengatur tekanan yang dikenal dengan Matering and Regulating Station (MR/S) di Cirebon, Senin (15/8/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen botol kaca internasional PT Kangar Consolidated Industries (KCI) di Jakarta merupakan pengguna gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk ( PGN) sejak tahun 2003.

KCI yang beroperasi di Jakarta adalah salah satu dari 79 pabrik di 21 negara, di bawah bendera Owen-Illinois, Inc. Perusahaan ini adalah salah satu produsen wadah kaca terbesar di dunia.

Pabrik yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur, ini mampu memproduksi 2,3 juta botol setiap hari untuk beberapa merek produk makanan, minuman, dan farmasi, serta sebagian besar untuk ekspor.

"Awalnya kami menggunakan bahan bakar non-gas bumi yang residunya sangat tinggi. Tapi sejak menggunakan gas bumi residu tersebut nyaris tidak ada lagi. Lingkungan menjadi lebih sehat," kata Direktur Keuangan KCI Achmad Arifin, melalui keterangan resmi, Senin (13/2/2016).

Arifin mengatakan, penggunaan gas bumi PGN memberikan dampak penghematan ongkos produksi bagi perusahaan.

"Selain bersih, penggunaan gas bumi juga memberikan penghematan yang cukup signifikan bagi perusahaan. Dan seluruh pabrik OI (Owen-Illinois) pakai gas bumi," ungkap Arifin.

Energi Bersih

Group Head Business Unit Gas Product PGN Wahyudi Anas menambahkan, industri-industri dalam negeri semakin banyak beralih ke bahan bakar gas bumi.

"Gas bumi memberikan banyak manfaatnya. Yakni bersih, aman, mudah, dan bisa memberikan efisiensi 40 persen-60 persen dibandingkan bahan bakar lainnya," ucap Wahyudi.

Selain itu, pasokan gas bumi dari PGN berlangsung untuk jangka panjang.Hal ini akan memberikan ketenangan dan kepastian pasokan bahan bakar bagi industri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X