Dirjen Pajak Janji Sederhanakan SPT Jadi 2 Lembar

Kompas.com - 20/02/2017, 15:48 WIB
Dirjen Pajak, Ken Dwijugiasteadi saat acara buka puasa bersama media di Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Kamis (30/6/2016). Pramdia Arhando Julianto/Kompas.comDirjen Pajak, Ken Dwijugiasteadi saat acara buka puasa bersama media di Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Kamis (30/6/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Ken Dwijugiaseteadi berjanji akan menyederhanakan berkas Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak. Janji itu dia sampaikan saat berbicara dalam seminar di Gedung DPR.

"Sekarang (SPT) kita 4 lembar, akan kami sederhanakan lagi jadi 2 lembar," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/1/2017).

Menurut Ken, penyebab rendahnya tingkat kepatuhan masyakarat membayar pajak adalah akibat sulitnya mengisi SPT.

Oleh karena itu, penyederhanaan berkas dinilai sangat penting. Sebenarnya tutur Ken, pengisian SPT di Indonesia jauh lebih mudah bila dibandingkan sejumlah negara.

Di Amerika Serikat saja kata dia, SPT bisa mencapai 100 halaman. Kalau begitu, sulitnya mengisi SPT hanya salah satu dari penyebab rendahnya masyakarat membayar pajak.

Ada faktor lain yang juga mempengaruhinya yakni tingkat kepercayaan masyarakat kepada undang-undang, hingga pegawai pajaknya.

Namun ia meyakini kepercayaan masyarakat mulai terbangun kepada seiring suksesnya penyelenggaraan tax amnesty sejak Juli 2016 lalu.

Kompas TV Ajak Ikut Amnesti, Ditjen Pajak Surati Wajib Pajak

Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X