11 MoU RI-Arab Saudi Sudah Diteken, Lantas Apa Dampaknya?

Kompas.com - 03/03/2017, 11:00 WIB
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bersama Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) melambaikan tangan ke awak media di sela-sela pertemuan mereka di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017). / AFP PHOTO / POOL / ACHMAD IBRARaja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bersama Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) melambaikan tangan ke awak media di sela-sela pertemuan mereka di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada lawatan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud kali ini, pemerintah Indonesia dan Arab Saudi menandatangani 11 nota kesepahaman atau mutual of understanding (MoU) yang berisikan kerja sama di berbagai sektor.

Beberapa MoU berkaitan dengan sektor ekonomi diantaranya MoU pembiayaan proyek pembangunan, MoU kerja sama Usaha Kecil dan Menengah (UKM), MoU kerja sama bidang kelautan dan perikanan, serta MoU kerja sama bidang perdagangan.

Dalam kerja sama UKM, menteri kedua negara bersepakat untuk menjalankan enam poin kerja sama diantaranya pertukaran informasi program-program UKM, pertukaran tenaga ahli, fasilitasi peningkatan kualitar produk dan daya saing UKM.

Selain itu, disepakati pula kerja sama pelatihan vokasional dan manajerial, fasilitasi kerja sama peluang UKM, serta dukungan akses pasar kedua negara.

(Baca: Ini Enam Poin Kerja Sama Pengembangan UKM Indonesia dan Arab Saudi)

Di bidang kelautan dan perikanan, pemerintah kedua negara menjalin kesepakatan di bidang pembangunan kelautan dan perikanan, kemanana pangan dan karantina ikan, serta promosi dan pemasaran produk perikanan.

Di samping itu, disepakati pula kerja sama pengelolaan dan konservasi sumber daya laut pesisir, kerja sama penelitian terapan serta pelatihan teknis, serta pertukaran informasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun di bidang perdagangan, pemerintah kedua negara sepakat untuk mengembangkan strategi perdagangan luar negeri, melakukan riset pemasaran, mendorong joint activities dan joint courses bidang perdagangan, serta pertukaran informasi.

(Baca: Mendag Enggartiasto Teken Kerja Sama dengan Mendag Saudi, Apa Isinya? )

Kemarin Kamis (2/3/2017), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau setelah pada jeda siang berhasil menembus level 5.415,83, atau naik 0,98 persen. Sejumlah analis menyatakan, ekspektasi pasar cukup positif dengan kehadiran rombongan Raja Salman.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X