Ini Upaya Pemerintah Agar Masyarakat Beralih dari BBM ke Gas

Kompas.com - 07/04/2017, 19:52 WIB
|
EditorM Fajar Marta

SUBANG, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan komitmennya untuk mendorong program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG). Ini dlakukan karena harga BBG yang lebih murah dan ramah lingkungan.

Untuk menarik minat masyarakat agar beralih menggunakan BBG jenis CNG (compressed natural gas), pemerintah telah mendistribusikan 82 unit konverter kit untuk mobil-mobil dinas Pemerintah Kabupaten Subang.

"Dipilihnya mobil pemerintah Kabupaten Subang ini tujuannya adalah sebagai contoh bagi masyarakat yang ada di Subang untuk beralih menggunakan BBG jenis CNG yang memiliki keunggulan lebih murah, lebih bersih, dan ramah lingkungan," kata Dirjen Migas, IGN Wiratmaja Puja saat meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) 31.A.412.02 Subang, Jumat (7/4/2017).

Pria yang akrab disapa Wirat ini berharap, dengan adanya infrastruktur gas yang dibangun oleh pemerintah, diharapkan akan memberikan manfaat energi berkeadilan bagi masyarakat.

"Pemerintah sudah memfasilitasi SPBG sehingga sudah mudah untuk mengisi Envogas-nya," kata Wirat.

Wirat menambahkan, biaya untuk pengadaan Konverter kit mencapai Rp 30 juta per unitnya yang akan dialokasikan dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Rencana di sepanjang 2017 akan mendistribusikan sekitar 100 unit konverter kit, satu konverter kit itu harganya Rp 30 juta kisarannya," ungkap Wirat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.