Ada Ekspektasi OPEC akan Pangkas Produksi, Harga Minyak Stabil

Kompas.com - 12/05/2017, 13:07 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga minyak dunia cenderung stabil pada perdagangan Jumat (12/5/2017).

Hal ini sejalan dengan ekspektasi para trader terkait komitmen Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang akan memprpanjang pemangkas produksi minyak.

Selain itu, inventori minyak Amerika Serikat juga mencapai level terendah sejak Februari 2017. Mengutip Reuters, acuan harga minyak Brent berada pada posisi 50,78 dollar AS per barel, tidak berubah seperti penutupan pada sehari sebelumnya.

Sementara itu, acuan harga minyak AS West Texas Intermediate (WTI) naik 2 sen ke level 47,85 dollar AS per barrel.

"Harga minyak mentah dapat bergerak menuju pemulihan," tulis bank investasi Jefferies dalam laporannya.

OPEC dan beberapa negara produsen minyak utama lainnya termasuk Rusia telah berkomitmen memangkas produksi minyak sebesar 1,8 juta barrel per hari (bph) selama paruh pertama tahun 2017.

OPEC direncanakan bakal menggelar pertemuan pada 25 Mei 2017 di Vienna, Austria guna memutuskan apakah pemangkasan produksi akan dilanjutkan.

Jefferies memprediksi pertemuan itu akan menghasilkan keputusan berupa memperpanjang pemangkasan produksi.

Selain itu, penurunan produksi minyak mentah AS sebesar 5,3 juta barrel menjadi 522,5 juta barrel juga memberikan dukungan fundamental bagi kenaikan harga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.