Menhub Targetkan KA Cepat Jakarta-Surabaya Terbangun pada 2020

Kompas.com - 05/07/2017, 21:14 WIB
Kereta cepat China terparkir di stasiun Guangzhou, Rabu (17/2/2016) KOMPAS.com / Bambang PJKereta cepat China terparkir di stasiun Guangzhou, Rabu (17/2/2016)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan proyek kereta api Jakarta-Surabaya ?sudah terbangun pada 2020. S

Saat ini, terang dia, proses proyek kereta berkecepatan 160 kilometer per jam ini sedang menyelesaikan desain proyek tersebut.

"Yang penting adalah Kita menyelesaikan desainnya dulu. Kita sudah menugaskan BPT dan JICA menyelesaikan untuk pembangunan dan kita harapkan 2020 Jakarta-Surabaya sudah terbangun," ujar Budi Karya saat ditemui di Kompleks Parlemen Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Mantan orang nomor satu di PT Pembangunan Jaya Anco Tbk ini menuturkan, saat ini pemerintah tengah mempertimbangkan pembiayaan proyek kereta api Jakarta-Surabaya. Dalam hal ini terdapat dua pertimbangan bisnis to bisnis (b-to-b) atau pinjaman jangka panjang. 

"Jadi memang Jakarta surabaya sudah menjadi arahan pemerintah untuk segera dibangun. Kita akan melihat apakah itu akan melalui loan yang jangka panjang sekali apakah b-to-b akan kita finalisasi," jelas dia.

Budi Karya menambahkan, proyek kereta api Jakarta-Surabaya akan dilakukan dengan menggunakan lintasan rel yang sudah ada. Sehingga, diharapkan pembangunan kereta api tersebut selesai dengan cepat.

"arena itu menggunakan lintasan yang sudah ada kan ya. Kita enggak ada tambahan pembebasan tanah," pungkas dia. 

Sekadar informasi, proyek keretapi Jakarta-Surabaya diselenggarakan untuk mempercepat arus perjalanan kedua kota tersebut. Dengan adanya kereta api berkecepatan 160 kilometer waktu tempuh antara kedua kota tersebut selama 5 jam dari yang biasanya selama 10 jam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X