Sudah 3,2 Juta Wajib Pajak Laporkan SPT, 90 Persen Via E-Filing

Kompas.com - 03/03/2019, 11:10 WIB
E-Filing DITJEN PAJAKE-Filing

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) tengah gencar mengampanyekan pelaporan surat pemberitahuan ( SPT) tahunan Pajak Penghasilan (PPh) sebelum jatuh tempo pada 31 Maret 2019 mendatang.

Adapun per Sabtu, (3/3/2019) Direktur Jenderal Pajak ( Dirjen Pajak) Robert Pakpahan menyampaikan sudah 3,2 juta wajib pajak yang melaporkan SPT tahunannya baik melalui e-filing maupun secara manual di Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

"Perlu saya sampaikan bahwa antusiasme masyarakat di dalam melaporkan pajak semakin baik dari tahun ke tahun. Saya sampaikan data sampai dengan hari Sabtu sudah 3,2 juta SPT yang disampaikan oleh masyarakat," ujar Robert di Jakarta, Minggu (3/3/2019).

Robert mengatakan, dari 3,2 juta laporan SPT tersebut, 90 persen di antaranya sudah menggunakan e-filing atau laman pelaporan SPT tahunan elektronik di djponline.pajak.go.id.

Baca juga: Suami-Istri Bisa Lapor SPT Pajak Digabung, Begini Caranya

Angka kepatuhan pelaporan SPT tahunan tersebut meningkat 20,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Adapun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, rasio kepatuhan penyampaian SPT tahunan sebesar 71 persen dari 17,5 juta wajib pajak.

Sementara tahun ini ditargetkan angka kepatuhan pelaporan SPT bisa mencapai 85 persen.

"Tahun ini kita memiliki target cukup berat. Pajak sendiri menyumbang 82 persen dari target penerimaan di APBN. Saya terimakasih ke Ditjen Pajak sejak 2012 sudah mulai inisiatif menggunakan e-filing," ujar dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X