5 Tips Sukses Usaha ala Pemilik Adorable Projects dan Polka Beauty

Kompas.com - 05/03/2019, 07:44 WIB
Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudiosIlustrasi
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Menjadi orang sukses memang menjadi impian semua orng. Meraih kesuksesan memang tak ditempuh dengan cara yang biasa-biasa saja.

Perjuangan dalam dunia bisnis memang penuh liku. Dibutuhkan tekad kuat dan semangat yang tinggi untuk meraih pintu kesuksesan itu.

Internet menjadi salah satu kekuatan strategi penjualan produk di zaman modern ini. Pemilik dua brand Indonesia, Adorable Projects dan Polka Beauty, turut memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini hingga meraup omzet ratusan juta rupiah per bulannya.

Pemilik kedua brand tersebut membagikan cerita mencapai kesuksesan bisnis mereka. Berikut rangkuman Kompas.com:

1. Tentukan sasaran

Ilustrasi marketingThinkstockphotos.com Ilustrasi marketing
Menjadi wirausaha sukses memang harus pintar mengambil celah, salah satunya menentukan sasaran pemasaran atau marketing produk.

Tetap usahakan untuk fokus terhadap sasaran yang telah ditentukan tersebut. Apabila ingin memperluas jangkauan pasar, pastikan Anda juga menguasainya.

Jangan sampai pelebaran sasaran penjualan ini justru membuat usaha merugi. Siasati cara lain apabila menghadapi kondisi berbeda.

Sebagai contoh, Fajar dan Ira, pemilik Adorable Projects ingin melebarkan sasaran ke sepatu pria, karena melihat peluang banyaknya turis mancanegara berlibur ke Indonesia tertarik membeli sepatu buatan tangan atau handmade.

Namun, biaya produksi sepatu pria ini masuk dalam kategori mahal, sehingga mereka menerapkan sistem memproduksi berdasarkan pesanan, bukan ready stock atau memproduksi dalam jumlah banyak.

Baca juga: Lima Tips Mengelola Situs Bisnis Online yang Tepat

2. Tekan biaya produksi

Biaya produksi menjadi hal yang harus dipikirkan ketika menjajaki dunia bisnis. Usahakan untuk mengeluarkan seminimal mungkin biaya produksi tanpa mengurangi mutu dari produk yang Anda jual.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X