Bahana Sekuritas: IHSG Akan Berada di Kisaran 6.800 pada Tahun Ini

Kompas.com - 18/03/2019, 13:59 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com — Bahana Sekuritas memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) berada di kisaran 6.800 sepanjang tahun ini.

Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi dalam keterangan resminya, Senin (18/3/2019), menuturkan, dari November tahun lalu hingga saat ini, pasar keuangan Indonesia masih menerima masuknya dana-dana asing, baik di pasar saham maupun obligasi, setelah sejak awal tahun lalu pasar keuangan domestik mengalami tekanan akibat faktor eksternal.

Perbaikan ekonomi domestik serta tekanan global yang diperkirakan mereda sepanjang tahun ini akan menjadi angin segar bagi pasar keuangan.

"Tekanan dari eksternal kelihatannya tidak seberat tahun lalu karena kenaikan suku bunga The Fed tertahan, yang juga akan berdampak positif untuk stabilitas nilai tukar," papar Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi.

"Investasi kelihatannya akan mengalami perbaikan setelah selesai pilpres, dengan melihat pengalaman pilpres dalam tiga periode terakhir selalu ada boom investasi seusai pilpres yang selalu berjalan damai," katanya.

Meski secara domestik akan ada perbaikan, beberapa risiko juga perlu dicermati. Sejumlah risiko yang dimaksud adalah kenaikan harga minyak dunia yang akan berdampak pada pembengkakan defisit transaksi berjalan dan perang dagang. Lainnya ialah turunnya harga komoditas dunia yang akan berdampak pada kinerja ekspor serta pengetatan suku bunga oleh Bank Indonesia bila kembali dilanjutkan.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X