Indonesia Targetkan Punya 13.000 Kilometer Rel Kereta Api hingga 2030

Kompas.com - 20/03/2019, 18:09 WIB
Ilustrasi rel kereta api. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi rel kereta api.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia menargetkan memiliki rel kereta api sepanjang 13.000 kilometer di 2030. Saat ini, di seluruh Indonesia baru ada 6.000 kilometer (km) rel kereta api.

“Di 2030 akan menjadi 13.000 km (rel kereta api). 6.000 km sangat kecil untuk layani seluruh RI,” ujar Kasubdit Lalu Lintas Ditjen Perkeretaapian, Yudi Karyanto di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Yudi menambahkan, untuk pembangunan 7.000 km rel kereta api tambahan tersebut akan menggunakan APBD dan partisipasi pihak swasta. Namun, pemerintah akan memberikan porsi lebih besar ke pihak swasta untuk melakukan pendanaan.

“Anggarannya 36 persen dari APBN, 64 persen dari private atau BUMN,” kata Yudi.

Baca juga: PT KAI Berharap Survei Reaktivasi Rel Kereta di Jabar Rampung Tahun Ini

Nantinya lanjut Yudi, kerja samanya bisa menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Skema ini kerap dipakai pemerintah dalam membangun infrastruktur.

“Kan ada program reaktivasi, jadi total 13.000 KM itu ada termasuk reaktivasi. Cuma permasalahannya dimasalah pembiayaan. Kalau kita bisa mereaktivasi, dibangun, kemudian yang lewat cuma sedikit maka ini pemerintah sedang melakukan skema KPBU,” ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X