Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Kisahkan Ibunya yang Membesarkan Anak sambil Mengejar Gelar Doktor

Kompas.com - 22/03/2019, 17:30 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, berkeluarga dan memiliki anak banyak tak boleh dijadikan halangan bagi perempuan untuk menempuh pendidikan.

Dia mencontohkan ibunya, Prof.Dr. Hj. Retno Sriningsih Satmoko bisa menempuh pendidikan sekaligus membesarkan 10 anak-anaknya.

“Ibu saya mempunyai 10 anak, saya anak nomor 7, tapi ibu saya bukan IRT (ibu rumah tangga) biasa, (tapi) profesor doktor di bidang pendidikan,” ujar Sri Mulyani di acara Accenture International Woman's Day, Jumat (22/3/2019).

Sri Mulyani mengetahui hal tersebut setelah membaca artikel di sebuah media massa lokal di Semarang. Rupanya, ibundanya pernah membagikan kisahnya tentang membesarkan anak-anak sambil menempuh pendidikan.

“Waktu ibu saya kejar karirnya, punya anak 10. Ibu saya mau ambil Phd. Saya sudah SMA beliau disertasi. Saya lulus sarjana, ibu saya selesai doktor. Saat saya belajar komputer, dia juga belajar komputer," kata Sri Mulyani.

Atas dasar itu, Sri Mulyani menilai perempuan dan laki-laki mempunyai hak yang sama dalam pendidikan. Dia mengandaikan kedudukan perempuan dan laki-laki seperti hak sepatu.

“Perempuan dan laki-laki itu kayak sepatu hak kiri dan kanan. Just look at your shoes, kamu tidak mau kan lihat hak-nya beda. Jangan satu sepatu lari, satunya lagi high heels. Itu pesan sederhana tapi akan mengena,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com