Tiga Hal yang Wajib Ditanyakan Saat Permintaan Naik Gaji Ditolak

Kompas.com - 27/03/2019, 05:21 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda sudah menghabiskan waktu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan demi membangun keberanian untuk meminta kenaikan gaji yang layak, namun permintaan tersebut ditolak?

Tenang, Anda tak sendirian. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan terhadap 7.000 pengusaha yang telah dilakukan PayScale, mayoritas perusahaan mengatakan tak ingin menaikkan gaji karyawannya pada tahun ini.

Bahkan, hampir 70 persen pengusaha mengatakan hanya berencana menaikan gaji 3 persen atau kurang untuk beberapa karyawannya.

Vice president of content strategy PayScale, Lydia Frank menyarankan bagi karyawan yang ditolak saat meminta kenaikan gaji untuk tidak menganggap hal tersebut sebagai akhir dari percakapan dengan pemilik perusahaan

"Saya pikir (kata) 'tidak' harus menjadi pembuka untuk mengajukan pertanyaan," ujar Frank seperti dikutip dari CNBC, Rabu (27/3/2019).

Frank membagikan tiga pertanyaan yang harus Anda tanyakan segera setelah ditolak kenaikan gaji:

1. Tanyakan Mengapa

Jika Anda tidak memahami alasan mengapa tidak diberi kenaikan gaji, Frank berkata bahwa tidak menjadi masalah untuk menggali lebih dalam mengapa perusahaan menolak permintaan tersebut.

"Tentu saja Anda ingin tetap menghormati dan profesional," katanya.

"Cobalah untuk memisahkan emosi dari percakapan itu karena Anda tidak ingin itu menjadi panas," sambungnya.

Sebagai contoh, Anda dapat menanyakan sesuatu kepada bos Anda seperti, “Saya benar-benar senang mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang mengapa permintaan saya tidak dikabulkan. Apakah ada sesuatu yang bisa saya lakukan lebih banyak?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.