Buat Rekening Efek untuk Investasi Saham Cuma 30 Menit, Caranya?

Kompas.com - 29/03/2019, 10:00 WIB
Ilustrasi pialang saham thikstockphotosIlustrasi pialang saham

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini tak perlu waktu lama untuk bisa mendapatkan rekening efek untuk bisa investasi saham.

Sebab, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi meluncurkan program simplifikasi pembukaan Rekening Efek Nasabah (REN) dan Rekening Dana Nasabah (RDN) secara elektronik pada Kamis, (28/3/2019) kemarin.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi mengatakan, setidaknya, dari yang sebelumnya membutuhkan waktu 14 hari untuk memproses hingga mendapatkan rekening efek, kini hanya butuh waktu 2 jam saja.

"Bahkan tadi ada yang mengklaim bisa sampai 30 menit," ujar dia.

Baca juga: Kini Buka Rekening Efek untuk Investasi Saham Cuma Butuh 30 Menit

Proses pembukaan rekening efek sebelumnya memakan waktu yang cukup lama lantaran memerlukan tanda tangan basah dan verifikasi melalui tatap muka. Namun, dengan elektronifikasi atau layanan pembukaan rekening berbasis online yang di 16 perusahaan efek dan 5 bank untuk rekening dana nasabah, setelah 30 menit proses registrasi, nasabah bisa langsung bertransaksi saham.

Lalu, bagaimana caranya?

Pertama, calon invesor mengakses situs atau aplikasi registrasi resmi milik perusahaan efek (PE) untuk melakukan pembukaan rekening efek secara elektronik.

Lalu, calon investor mengikuti alur registrasi seperti melengkapi data diri, yaitu dengan mengisi nomor Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), mengunggah foto diri dengan memegang KTP-el, dan foto spesimen tanda tangan.

Baca juga: Ini 3 Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Milenial

Dalam waktu 30 menit hingga 2 jam, nasabah akan mendapatkan rekening efek sebagai rekening transaksi, Sub-Rekening Efek (SRE) sebagai rekening penyimpanan efek, nomor identifikasi investor tunggal atau Single Investor Identification (SID), serta nomor RDN.

Proses verifikasi data dan informasi calon investor akan dilakukan oleh bank RDN yang disampaikan oleh PE. Verifikasi SID dan SRE diajukan kepada Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian, selanjutnya bank RDN membukakan dan mengaktifkan RDN nasabah serta menginformasikan nomor RDN ke PE.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X