Jiwasraya Akan Terbitkan Obligasi Senilai Rp 500 Miliar

Kompas.com - 06/04/2019, 14:20 WIB
Ilustrasi Jiwasraya KONTAN/Cheppy A. MuchlisIlustrasi Jiwasraya

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan menerbitkan obligasi sebesar Rp 500 miliar.

Deputi Jasa Keuangan, Survei, dan Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan, penerbitan obligasi ini sebagai langkah perusahaan untuk bisa memperbaiki neraca keuangannya.

“RDPT sudah selesai, nilainya Rp 500 miliar,” ujar Gatot di Tangerang, Jumat (5/4/2019).

Gatot mengatakan rencana tersebut sudah disampaikan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dia berharap penyelesaiannya bisa segera rampung.

Baca juga: JIwasraya Hentikan Penjualan Produk Saving Plan

“Sudah (disampaikan ke OJK) dua Minggu lalu. Ini tahapannya mudah-mudahan 13 Mei nanti sudah selesai,” kata Gatot.

Sebelumnya, Jiwasraya menghadapi tekanan likuiditas sehingga perusahaan menunda pembayaran polis jatuh tempo yang dipasarkan melalui kanal bank atau bancassurance sebesar Rp 802 miliar. Untuk bertanggung jawab, Jiwasraya lebih dulu membayarkan bunga jatuh tempo Rp 96,58 miliar kepada 1.286 polis asuransi JS Proteksi Plan.

Menyusul kondisi Jiwasraya yang tengah menghadapi tekanan likuiditas, Kementerian BUMN kemudian melakukan audit investigasi dan audit customer base.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan bahwa Menteri BUMN Rini Soemarno telah berkoordinasi langsung dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X