Amatil X Academy, Cara Coca Cola Dukung Startup Indonesia

Kompas.com - 12/04/2019, 17:09 WIB
CO-Founder Amatil X Academy, Alix Rimington dan Chris Sullivan, CCA Group Director, Partners & Growth dalam wawancara bersama Kompas.com, Jumat (12/4/2019)KOMPAS.com/Fika Nurul Ulya CO-Founder Amatil X Academy, Alix Rimington dan Chris Sullivan, CCA Group Director, Partners & Growth dalam wawancara bersama Kompas.com, Jumat (12/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Amatil X, sebuah inkubator Coca Cola Amatil (CCA), meluncurkan program pelatihan yaitu Amatil X Academy di Indonesia.

Hal ini sebagai wadah menampung ide-ide karyawan untuk terus memajukan bisnis Coca Cola Amatil dan mengembangkan startup di Indonesia.

"Amatil X adalah sebuah inkubator Coca Cola Amatil yang pertama kali diinisiasi di Australia dan New Zealand tahun 2018. Amatil X juga merupakan inkubator dari ide-ide karyawan internal agar mempunyai jiwa kewirausahaan," kata Alix Rimington, CO-Founder Amatil X kepada Kompas.com, Jumat (12/4/2019).

Menurut Alix, Amatil X Academy dikhususkan untuk membangun ide dan memunculkan startup baru di Indonesia yang mampu berkolaborasi dengan bisnis CCA dalam hal on-demand delivery, optimisasi distribusi, analisa pasar, dan kemasan yang ramah lingkungan. Bukan untuk menciptakan produk minuman baru.

Baca juga: Dalam 3 Tahun, Indonesia Telurkan 1.307 Startup

Pelatihan ini nantinya akan memakan waktu 6 bulan untuk fokus mengembangkan ide dan startup karyawan internalnya. Program ini juga terbuka untuk semua karyawan, dan di bulan Oktober akan dipilih 3 tim yang diberikan cuti selama enam minggu untuk mengembangkan idenya.

Nantinya, papar Alix, master class dalam pelatihan tersebut akan diajarkan oleh Bluechilli, salah satu perusahaan Venture Studio dan Innovation Group asal Australia.

Bangun program eksternal

Selain membangun program internal, Amatil X juga membangun program untuk eksternal yang diberi nama Amatil X Indonesia. Dalam hal ini, Amatil X akan bekerja sama dengan Digitaraya, sebuah penggerak program akselerator yang didukung oleh Google Developers Launchpad untuk mendukung industri FMCG.

Selain itu, Chris Sullivan, CCA Group Director, Partners & Growth menambahkan, kerja sama dengan Digitaraya adalah salah satu jalan yang ditempuh untuk mendapatkan perusahaan rintisan terbaik tak hanya untuk CCA, tapi juga untuk mendukung kemajuan startup Indonesia.

“Kerja sama dengan Digitaraya adalah salah satu jalan yang ditempuh untuk mendapatkan perusahaan-perusahaan rintisan (startup) yang terbaik. Kami juga akan terus membangun relasi yang banyak dengan startup lain jika memang ada startup yang bagus. Kalau ada startup yang bagus, Amatil X akan mendukungnya untuk pelatihan dan mengembangkan ide, serta mendanainya." kata Chris Sullivan.

CCA dan Amatil X memilih Indonesia karena pasar startup di Indonesia yang berkembang pesat, sehingga memunculkan minatnya untuk menjadi bagian dalam pengembangan startup di Indonesia.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X