Jelang Puasa, Rencanakan Keuangan Anda dari Sekarang

Kompas.com - 18/04/2019, 13:41 WIB
Ilustrasi rupiah. THINKSTOCKS/FITRIYANTOANDIIlustrasi rupiah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan puasa yang hanya belasan hari lagi, Anda juga harus mulai memperhatikan perencanaan keuangan.

Idealnya, puasa justru memperirit keuangan karena hanya makan dua kali, yakni saat sahur dan berbuka. Namun sayangnya, bulan puasa justru membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak, baik untuk berbuka puasa bersama hingga membeli baju lebaran.

Lantas, apa saja yang harus Anda persiapkan untuk menyambut bulan puasa? Berikut Kompas.com rangkum langkah-langkah keuangan yang harus Anda perhatikan.

1. Mulai Alokasikan Dana

Mulailah mengalokasikan dana untuk berbuka puasa bersama keluarga dan teman. selain mengalokasikan dana, segera membuat list prioritas untuk pengeluaran Anda.

"Mulai membuat pos pengeluaran yang jadi prioritas untuk bulan puasa. Apabila sudah tahu banyak network, maka sisihkan bujet untuk acara berbuka puasa lebih besar dgn cara menurunkan alokasi untuk yg lainnya," kata perencana finansial Prita H. Ghozie kepada Kompas.com, Selasa (16/4/2019).

2. Buat Prioritas

Puasa memang dijadikan ajang reuni bersama teman sekolah, teman kuliah, dan teman kerja. Inilah yang membuat pengeluaran membengkak dibanding hari biasa.

Di hari biasa, mungkin Anda mengeluarkan biaya makan mulai Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Sedangkan saat buka puasa bersama, Anda mungkin menghabiskan 2 kali lipat dibanding hari biasa.

Inilah yang menjadi tantangan Anda, Anda harus menyiapkan prioritas mana buka puasa yang harus Anda ikut, mana buka puasa yang tidak harus Anda ikuti.

"Kalau jauh mungkin enggak usah ikut, tapi kalau untuk teman-teman dekat dan yang sudah lama enggak ketemu, itu mungkin jadi prioritas jalin silaturahmi," kata seorang perencana finansial Mohamad Andoko kepada Kompas.com, Selasa (16/4/2019).

3. Gunakan THR Secara Cermat

Prita menyarankan, gunakanlah uang Tunjangan Hari Raya (THR) untuk membeli baju lebaran, sehingga uang bulanan untuk belanja Anda tidak terpakai.

"Baju lebaran sebaiknya dibeli dengan THR," ucap Prita.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X