Rupiah Perkasa di 4 Negara Ini, Liburan Tak Harus Banyak Uang

Kompas.com - 21/04/2019, 06:55 WIB
Kereta Gantung di Ba Na Hills, Da Nang, Vietnam.Shutterstock Kereta Gantung di Ba Na Hills, Da Nang, Vietnam.

KOMPAS.com - Berlibur ke luar negeri kerap menjadi impian banyak orang. Apalagi belakangan ini aktifitas travelling memang sudah menjadi tren tersendiri.

Ada banyak destinasi menarik yang bisa dijadikan sebagai pilihan, lengkap dengan beragam fasilitas yang cukup memadai. Namun untuk menikmatinya, tentu harus punya dana cukup besar, mengingat nilai tukar rupiah memang terbilang rendah jika dibandingkan dengan nilai mata uang beberapa negara lain.

Tapi tak perlu khawatir, ternyata nilai tukar rupiah masih cukup tinggi untuk beberapa mata uang asing di beberapa negara. Sehingga Anda pun masih tetap bisa menikmati liburan meriah ke luar negeri meski tak harus punya banyak uang.

Di mana keempat negara itu? Berikut empat negara yang yang bisa menjadi destinasi liburan ke luar negeri karena kurs rupiah cukup tinggi seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Laos

Jika Anda menginginkan destinasi yang bebas visa dan sekaligus murah, maka Laos bisa menjadi pilihan yang tepat. Nilai tukar rupiah dengan mata uang negara ini terbilang masih sangat murah dan bisa membuat biaya perjalanan Anda selama di sana jadi jauh lebih hemat.

Sebab nilai tukar rupiah terhadap Lao kip (LAK) nyaris setara, yakni 1 kip sama dengan sekitar Rp1,63 saja. Maka dengan bujet sekitar Rp 2 juta-Rp 3 jutaan saja, Anda sudah bisa menikmati beragam fasilitas akomodasi liburan yang memadahi.

Dengan bujet tersebut pun Anda juga bisa memanjakan lidah dengan hidangan lezat khas Laos dan keliling destinasi-destinasi wisata yang menarik dan membuat pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan.

2. Kamboja

Masih di kawasan Asia, Kamboja bisa menjadi salah satu negara yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tak hanya unik, negara ini juga menawarkan nilai tukar yang sangat baik untuk rupiah, sehingga Anda bisa menikmati perjalanan yang murah meriah.

Tentu saja, yang lebih menarik lagi adalah tak harus punya banyak uang untuk ke negeri ini. Sebab nilai tukar rupiah terhadap riel (KHR) juga sangat murah. Jika dikonversikan, 1 riel sama dengan sekitar Rp3,48.

Namun sebagaimana destinasi wisata lainnya yang terbilang murah meriah, Anda juga harus jeli dan berhati-hati dengan tindak pemalakan yang kerap terjadi, bahkan oleh para pelaku industri pariwisata itu sendiri.

Baca Juga: 4 Tips Tukar Uang Saat Liburan di Luar Negeri

3. Vietnam

Selain menawarkan keindahan alam, Vietnam juga dikenal dengan destinasi wisata yang menawarkan kenyamanan, lengkap dengan biaya hidup yang terbilang sangat murah. Anda bisa menikmati liburan di negara ini dengan bujet pas-pasan sekalipun, sebab 1 dong Vietnam ini hanya setara sekitar Rp 0,6 saja.

Begitu murah, sehingga wajar saja jika selama belasan tahun negara ini menjadi tujuan banyak traveller dari berbagai belahan dunia. Jika melihat kondisi tersebut, dengan bujet Rp2 jutaan saja Anda tentu sudah bisa menikmati liburan yang berkualitas dan menyenangkan di negara yang satu ini.

4. Sao Tome and Principe

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan di Benua Afrika, negara yang satu ini bisa jadi pertimbangan. Meski tidak begitu populer, negara yang berada di kawasan Afrika Timur ini menawarkan nilai tukar yang sangat baik untuk rupiah.

Kurs 1 dobra (STD) setara dengan sekitar Rp0,69 saja. Dengan nilai tukar seperti ini, Anda tentu sudah bisa menikmati liburan menyenangkan dengan bujet yang minim sekalipun, bukan?

Perjalanan Murah dan Menyenangkan ke Negara yang Tepat

Bagi Anda yang berniat liburan ke luar negeri, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan negara-negara yang memiliki mata uang dengan nilai konversi yang ‘ramah’ terhadap rupiah. Pilih negara yang tepat dan sesuai dengan rencana perjalanan, sehingga Anda bisa menikmati liburan murah namun tetap berkualitas dan menyenangkan.

 

Artikel ini merupakan hasil kerjasama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com




Close Ads X