Dorong ke Pasar Digital, Mbizmarkat Sasar 5.000 UMKM Indonesia

Kompas.com - 22/04/2019, 22:06 WIB
Chief Executive Officer (CEO) Mbiz Rizal Paramarta (kedua kiri) melancurkan platform Mbizmarket secara simbolis di Plaza Senayan, Senin (22/4/2019).KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Chief Executive Officer (CEO) Mbiz Rizal Paramarta (kedua kiri) melancurkan platform Mbizmarket secara simbolis di Plaza Senayan, Senin (22/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Executive Officer (CEO) Mbiz Rizal Paramarta, menargetkan ribuan pelaku usaha di Indonesia bisa go digital dengan menggunakan layanannya, Mbizmarket.

Selain perusahaan blue chip, sektor Usaha Kecil, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) juga disasar.

"Karena ini baru launching, targetnya di akhir tahun ini jumlah partner buyer dan seller di atas platform sebelumnya (Mbiz.co.id), di atas 5.000. (Jumlah) itu buyer dan seller," kata Rizal ditemui di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Rizal menjelaskan, Mbiz.co.id termasuk Mbizmarket tidak murni hanya layanan e-commerce atau marketplace saja, yang berfokus pada aktivitas transaksional. Namun lebih dari itu.

Hal inilah yang membedakan Mbizmarket dengan platform e-commerce atau perdagangan elektronik lainnya.

"Hal-hal yang transaksional sebenarnya hanya satu bagian dari value dari fungsionalitas dari yang kita tawarkan," ungkapnya.

Menurutnya, potensi pelaku usaha khusus UMKM yang akan naik kelas dan merambah ke pasar digital sangatlah besar. Apalagi, pemerintah melalui kementerian dan lembaga (K/L) sudah menargetkan pada 2019 ini, sebanyak 8 juta harus sudah UMKM go digital.

"Kalau kita bicara di Indonesi kan UMKM ada sekitar di atas lima juta, sebetulnya itu adalah inti dari ekonomi Indonesia. Makanya kenapa kita mau merambah ke dalam sini (sektor UMKM). Potensinya luar biasa besar, jumlah UMKM yang kita targetkan masuk ke ekosistem kita tahun ini, dalam delapan bukan ke depan," terangnya.

Dia menambahkan, meskipun Mbizmarket baru diluncurkan hari, akan tetapi sudah ada ratusan UMKM yang terdaftar di ekosistem dan mulai merasakan mafaat platform e-commerce tersebut.

"Saat ini sudah ada ratusan UMKM yang ter-register di Mbizmarket.

Kita sudah memulai secara organik, benar-benar ekosistim yang baru dari UMKM, supaya bisa mulai memakai transaksi di platform ini. Kita juga mengahadirkan semua fitur-fiturnya, secara gratis kepada teman-teman UMKM," tambahnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X