Lima Gamers Berpenghasilan Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 25/04/2019, 05:25 WIB
Ilustrasi e-sport yang dimainkan oleh perempuanShutterstock Ilustrasi e-sport yang dimainkan oleh perempuan

JAKARTA, KOMPAS.com - Bermain game kini tak lagi hanya untuk bersenang-senang. Melalui permainan tersebut seseorang bisa mengumpulkan pundi-pundi uang dengan jumlah yang fantastis.

Bahkan, saat ini game sudah dijadikan cabang olahraga e-sport. Banyak turnamen game berskala nasional maupun internasional dengan jumlah hadiah uang yang besar.

Berikut lima atlet eSport asal Indonesia yang mempunyai penghasilan terbesar berdasarkan situs esportsearnings.com:

1. Hansel Ferdinand atau BnTeT

Pemain game Counter Strike Go ini menjadi atlet e-Sport dengan penghasilan tertitinggi di Indonesia. Hansel mampu meraup penghasilan sebesar 101.603 dollar AS atau setara Rp 1,43 miliar dari 38 turnamen yang telah diikutinya sejak 2013 lalu.

Pria yang lebih dikenal dengan nama BnTeT ini tercatat berada di peringkat 939 dunia untuk atlet eSport dengan penghasilan tertinggi. Dia pernah mendapatkan hadiah sebesar 15.000 dollar AS dalam satu turnamen berskala internasional yang diikutinya.

2. Kevin Susanto atau xccurate

Kevin bermain game yang sama dengan Hansel, yakni Counter Strike Go. Dia menduduki posisi kedua sebagai gamers berpenghasilan terbesar di Indonesia dengan total pendapatan 66.444 dollar AS atau setara Rp 941 juta.

Penghasilan itu didapat dari 33 turnamen yang diikutinya. Hadiah paling besar yang pernah dia dapatkan, yaitu sebesar 15.000 dollar AS. Kevin sendiri mulai mengikuti turnamen CS:GO sejak 2017 lalu.

3. Kenny Deo atau Xepher

Kenny “Xepher” Deo merupakan pemain game Dota 2. Dia menduduki posisi ketiga sebagai gamers berpenghasilan tertinggi di Indonesia.

Dari 16 turnamen yang diikutinya, Kenny berhasil mengantongi uang sebesar 41.817 dollar AS atau setara Rp 592 juta. Di seluruh dunia, Kenny memperoleh peringkat ke-2111 sebagai gamers dengan penghasilan tertinggi.

Dia mulai mengikuti turnamen Dota 2 sejak 2016 lalu. Pada tahun itu, dia mengantongi uang sebesar 901 dollar AS dari turnamen yang diikutinya.

4. Muhammad Rizky Anugrah atau Inyourdream

Sama seperti Kenny, Rizky merupakan pemain game Dota 2. Dia sudah mengikuti turnamen game tersebut sebanyak 12 kali sejak 2017 lalu.

Selama dua tahun berkarir, Rizky telah memperoleh pendapatan sebesar 40.153 dollar AS atau setara Rp 568 juta. Di dunia, dia menduduki peringkat ke-2183 sebagai gamers dengan penghasilan tertinggi.

Sementara di Indonesia, dia memperoleh posisi ke-4 sebagai gamers berpenghasilan tertinggi.

5. Annialis

Wanita ini merupakan pemain game fortnite. Dia menjadi gamers berpenghasilan ke-5 terbesar di Indonesia.

Dari enam turnamen yang diikutinya, Annialis mengantongi pendapatan sebesar 23.950 dollar AS atau setara Rp 339 juta rupiah. Enam turnamen yang diikutinya itu digelar pada 2018 lalu.

Hadiah terbesar yang pernah dia dapatkan, yakni sebesar 12.500 dollar AS dalam satu turnamen.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X