Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Masih Jadi Negara dengan Investasi Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 30/04/2019, 14:11 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia pada kuartal I 2019 sebesar Rp 107,9 triliun.

Berdasarkan catatan BKPM, Singapura masih menjadi negara dengan investasi terbesar di Indonesia pada periode tersebut.

Investasi Singapura sebesar 1,7 miliar dollar AS atau sekitar 24 persen dari total PMA,” ujar Plt Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Farah Ratnadewi Indriani di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Di posisi kedua, ada China. Investasi dari negara tirai bambu ini mencapai 1,2 miliar dollar AS atau 16,1 persen dari total PMA.

Di peringkat ketiga, diduduki oleh Jepang dengan nilai investasi sebesar 1,1 miliar dollar AS atau 15,8 persen dari total PMA.

Adapun diperingkat keempat diraih Malaysia dengan nilai investasi mencapai 0,7 miliar dollar AS atau 9,8 persen dari total PMA. Sedangkan di posisi kelima ada Hongkong dengan nilai investasi sebesar 0,6 miliar dollar AS.

BKPM tidak merinci seluruh PMA masuk ke sektor mana saja, namun dari investasi total (PMDN dan PMA), sejumlah sektor usaha menjadi favorit.

Kelima sektor tersebut, yakni Transportasi, Gudang, dan Telekomunikasi (Rp 37,3 triliun, 19.1 persen); Listrik, Gas, dan Air (Rp 33,2 triliun, 17.0 persen); Konstruksi (Rp 19,5 triliun, 10.0 persen); Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran (Rp 18,8 triliun, 9,7 persen), serta Pertambangan (Rp 15,1 triliun, 7.7 persen). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com