10 Negara dengan Anggaran Pertahanan Tertinggi di Dunia, Apa Saja?

Kompas.com - 30/04/2019, 15:17 WIB
Para prajurit Angkatan Darat AS tengah mempersiapkan peralatannya 250 km dari perbatasan Jordania-Arab Saudi dalam sebuah latihan bersama militer Jordania belum lama ini. Pemerintah Jordania meminta bantuan AS untuk mengawasi dan mengamankan perbatasannya dengan Suriah. AFPPara prajurit Angkatan Darat AS tengah mempersiapkan peralatannya 250 km dari perbatasan Jordania-Arab Saudi dalam sebuah latihan bersama militer Jordania belum lama ini. Pemerintah Jordania meminta bantuan AS untuk mengawasi dan mengamankan perbatasannya dengan Suriah.

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) melaporkan, total belanja pertahanan global naik menjadi 1,882 triliun dollar AS pada tahun 2018 lalu. Ini mencerminkan peningkatan sebesar 2,7 persen dibandingkan pada 2017.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis SIPRI, Selasa (30/4/2019), 5 negara dengan anggaran pertahanan tertinggi di dunia adalah Amerika Serikat, China, Arab Saudi, India, dan Perancis. Kelima negara tersebut menyumbang 60 persen total anggaran pertahanan global.

" Anggaran pertahanan AS meningkat untuk pertama kalinya sejak 2010, sementara anggaran pertahanan China tumbuh selama 24 tahun berturut-turut," tulis SIPRI.

Baca juga: Jokowi Sebut Minimnya Anggaran Pertahanan Disiasati dengan Investasi Alutsista

Dalam laporannya, SIPRI menyatakan total belanja pertahanan global naik selama dua tahun berturut-turut pada 2018. Angkanya pun mencapai level tertinggi sejak tahun 1988.

"Anggaran (pertahanan) global kini lebih tinggi 76 persen dibandingkan level terendah pasca Perang Dingin pada tahun 1998," jelas SIPRI.

Nan Tian, periset di program SIPRI Arms and Military Expenditure (AMEX) menyatakan, AS dan China saja menyumbang separuh anggaran pertahanan global.

"Tingginya anggaran pertahanan dunia pada 2018 khususnya merupakan hasil dari peningkatan signifikan anggaran oleh dua negara tersebut," jelas Nan.

Berikut ini adalah 10 negara dengan anggaran pertahanan tertinggi di dunia berdasarkan laporan teranyar SIPRI.

1. Amerika Serikat

Anggaran pertahanan 2018: 649 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 9.254 triliun

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X