Tren Belanja Online Naik Saat Ramadhan, Barang-barang Ini Paling Banyak Diburu

Kompas.com - 17/05/2019, 20:37 WIB
Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezky Yanuar.KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA KEMALA Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezky Yanuar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di bulan Ramadhan, tren pembelian barang-barang secara online cenderung meningkat dibandingkan bulan biasa. Apalagi banyak e-commerce yang menawarkan beragam promosi untuk menarik minat penggunanya selama bulan puasa.

Country brand manager Shopee Indonesia Rezky Yanuar mengatakan, orang cenderung lebih banyak mengeluarkan uang di bulan Ramadhan karena punya kemampuan lebih dari bulan biasanya.

"Pengeluarannya macam-macam, bisa barang konsumtif juga dalam hal mrlakukan donasi. Biasanya ada peningkatan," ujar Rezky kepada Kompas.com, Jumat (17/5/2019).

Hal tersebut disebabkan para pekerja yang menerima tunjangan hari raya jelang Lebaran. Bahkan, pada Ramadhan tahun lalu, peningkatan transaksi di Shopee meningkat 500 persen.

Baca juga: Survei Buktikan, Media Sosial Bikin Milenial Belanja Berlebihan

Rezky mengatakan, ada dua hari saat Ramadhan di mana dalam satu hari transaksinya mencapai 1,5 juta transaksi. Dilihat dari timelinenya, memang berdekatan dengan waktu orang menerima THR.

"Saya rasa memang bulan Ramadhan ini bisa dibilang orang sudah prepare untuk belanja dan berlangsung secara jangka panjang," kata Rezky.

Adapun kategori barang terlaris di Shopee sepanjang Ramadhan tahun lalu adalah produk fashion, kecantikan, dan elektronik.

Di hari-hari biasa pun, produk fashion memang paling banyak terjual. Apalagi menjelang Ramadhan di mana orang-orang banyak membeli pakaian baru untuk dipakai di Hari Raya.

Selain itu, produk kecantikan juga termasuk barang yang paling digemari karena selain murah, juga menjadi kebutuhan sehari-hari sebagian wanita.

Sementara untuk produk elektronik, kata Rezky, trennya cukup menarik. Sebab, secara perilaku, orang cenderung berpikir untuk membeli atau mengganti produk elektronik dan gadget menjelang Ramadhan.

"Mereka biasanya planning jauh sebelumnya karena sudah tahu nanti ada THR, saya akan beli sesuatu untuk di rumah," kata Rezky.

Dari segi trafik di aplikasi maupun website Shopee, kata Rezky, terdapat perbedaan antara bulan Ramadhan dengan bulan lainnya karena aktivitas masyarakat pun berubah.

Di bulan Ramadhan, orang bangun lebih pagi untuk sahur sehingga trafik Shopee mulai naik sejak pagi.

Kemudian, di siang hari, yang pada bulan biasa orang akan pergi keluar kantor untuk makan siang, tetapi di bulan Ramadhan mereka tak pergi ke mana-mana. Untuk membunuh waktu, mereka akan mengakses aplikasi atau website e-commerce.

Trafik juga naik saat ngabuburi di sore hari, di mana orang-orang menunggu berbuka puasa. Di saat itu juga terjadi kenaikan trafik dan transaksi.

"Meski datanya belum ada, perkiraan saya tahun ini, semakin tingginya penggunaan digital, saya rasa penggunanya juga akan jauh lebih banyak," kata Rezky.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X