Jangan Abaikan Ini saat Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi

Kompas.com - 25/05/2019, 14:00 WIB
Ilustrasi mudik dengan MPVSHUTTERSTOCK Ilustrasi mudik dengan MPV

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda berencana mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi? Jika ya, ada banyak persiapan yang harus dilakukan biar perjalanan mudik Anda menyenang dan aman.

Pastikan Anda sudah mengecek kondisi kendaraan setidaknya satu minggu sebelum tanggal keberangkatan agar perjalanan mudik lancar dan selamat ke tempat tujuan. Selain itu, apalagi yang perlu diperhatikan?

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut ini adalah hal-hal yang pantang diabaikan saat mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi.

1. Mempersiapkan Rute Alternatif Jalur Mudik

Di sana macet, di sini macet, semua jalan macet karena kendaraan membanjiri seluruh ruas jalan raya. Kondisi ini membuat kita ‘menua’ di jalan raya, lantas bagaimana?

Satu atau dua hari sebelum tanggal keberangkatan, cari tahu rute mana saja yang bisa dilalui untuk menghindari kemacetan. Rute ini bisa dijadikan alternatif sehingga Anda dan keluarga bisa sampai ke tempat tujuan dengan cepat.

2. Membatasi Jumlah Penumpang, Jangan Sampai Melebihi Kapasitas

Jika Anda mudik dengan mobil keluarga, batas maksimum dalam satu mobil adalah 7 penumpang ditambah 1 sopir. Jangan pernah melebih-lebihkan jumlah penumpang.

Hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang yang ada di dalam mobil karena bobot berlebihan akan membuat mobil oleng saat melaju.

Baca Juga: Ini Asuransi yang Cocok untuk Mobil Pribadi saat Mudik Lebaran

3. Meminimalisir Barang Bawaan, Jangan Sampai Terlalu Banyak

Jangan terlalu bernafsu membawa barang bawaan tanpa mempertimbangkan kapasitas bagasi mobil. Sebaiknya bawa barang secukupnya sesuai dengan lama waktu kunjungan di kampung halaman.

Sehingga beban yang ditanggung mobil pun semakin ringan. Anda dan keluarga juga tidak perlu susah payah mengeluarkan barang bawaan tersebut setibanya di kampung halaman.

4. Mematuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas demi Keselamatan

Rasa menggebu-gebu ingin berjumpa dengan orang tercinta acap kali membuat tak sadar jadi kebut-kebutan di jalan raya. Hal ini tentu akan membahayakan keselamatan diri sendiri dan penumpang lain.

Sebaiknya patuhi rambu-rambu lalu lintas dan berkendaralah sesuai batas kecepatan yang ditentukan. Jangan lupa untuk memakai sabuk pengaman!

5. Membawa Makanan yang Cukup sebagai Bekal di Perjalanan

Di tengah kemacetan yang begitu parah, rasanya mustahil untuk memarkirkan mobil dan singgah ke rest area untuk mencari makanan buka puasa. Mau tak mau, buka puasa di dalam mobil pun terpaksa dilakukan.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X