Siang Ini, Bus Trans-Jawa Beroperasi Perdana

Kompas.com - 27/05/2019, 09:57 WIB
Pemandangan yang dapat dilihat penumpang bus trans Jawa berjenis double decker. KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEANPemandangan yang dapat dilihat penumpang bus trans Jawa berjenis double decker.

JAKARTA, KOMPAS.com — Senin (27/5/2019) ini, bus Tol Trans-Jawa Jakarta-Surabaya akan dioperasikan.

Dalam jadwal yang diterima Kompas.com, rencananya siang ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan melepas pengoperasian perdana bus angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) Tol Trans-Jawa di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Sebelumnya Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Pehubungan (Kemenhub) Ahmad Yani mengatakan, dalam pengoperasian tahap pertama ini sudah terdapat tujuh operator yang akan ikut.

"Operatornya ada Rosalia Indah, Sinar Jaya, Harapan Jaya, Lorena, dan lainnya. Di tahap satu ini ada tujuh operator," ucap dia beberapa waktu lalu.

Baca juga: 9 Imbauan Jasa Marga untuk Pemudik yang akan Lewat Tol Trans Jawa

Setidaknya ada 34 bus dari tujuh perusahaan otobus yang sudah terdaftar dalam trayek Jakarta-Surabaya ini. Selain itu, juga ditambah lima bus dari Damri.

Konsep bus Trans-Jawa ini akan mengantarkan penumpang dari Jakarta hingga Surabaya tanpa harus keluar dari jalan tol. Adapun penumpang yang berhenti selain ke Surabaya akan diturunkan di rest area.

"Sementara ini kami meminta mereka untuk berhenti di rest area. Nanti akan ada feeder dari perusahaan mereka di tempat pemberhentian tersebut sehingga penumpang yang turun, misalnya di Tegal, akan ada yang mengangkut ke Tegal," tutur Ahmad.

Baca juga: Menhub Gagas Pembentukan Bus Trans Java

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X