Carrefour Jual 80 Persen Saham Unit Bisnisnya di China ke Suning.com

Kompas.com - 25/06/2019, 07:24 WIB
CarrefourAFP Carrefour

PARIS, KOMPAS.com — Carrefour menyetujui menjual 80 persen saham unit bisnisnya di China kepada perusahaan e-commerce setempat Suning.com. Perusahaan ritel asal Perancis itu sepakat menjualnya senilai 4,8 miliar yuan atau setara dengan 698 juta dollar AS secara tunai.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (25/6/2019), aksi korporasi tersebut dilakukan setelah Carrefour sekian lama mencari perusahaan lokal untuk menjadi partner operasional di China lantaran persaingan dengan e-commerce dalam beberapa tahun terakhir ini membuat penjualan mereka terus merosot.

Harga saham Carrefour pun melonjak 2,9 persen pada perdagangan Senin (24/6/2019) di bursa saham Paris.

Baca juga: Lepas Wal-Mart, Bharti Lirik Carrefour & Aeon

Carrefour bakal mempertahankan 20 persen dari sahamnya dan dua dari tujuh kursi Dewan Pengawas di unit China.

Adapun transaksi penjualan saham tersebut mewakili nilai perusahaan sebesar 1,6 miliar dollar AS untuk Carrefour China yang pada 2018 menghasilkan penjualan bersih sebesar 28,5 miliar yuan.

Valuasi dari Carrefour China tersebut 0,1 dua kali lipat dari penjualan 2018, lebih rendah jika dibandingkan dengan industri yang 0,8 kali.

"Konsolidasi dengan toko jaringan, pemasok, atau logistik lokal bisa meningkatkan efisiensi dan keuntungan bagi kedua belah pihak," ujar analis Citigroup dalam keterangan tertulis mereka.

Dengan penjualan saham ini, semakin banyak peritel Eropa atau Amerika Serikat yang menjalin hubungan dengan mitra lokal agar tetap kompetitif di pasar China. Walmart dengan 400 jaringan supermarketnya, misalnya, bekerja sama dengan JD.com untuk layanan pengiriman, sementara Metro AG Jerman tengah berupaya untuk melepas sebagian sahamnya di China.

"Di China, jika Anda ingin tumbuh, Anda harus terus menginvestasikan modal di kota-kota yang kurang berkembang," ujar Associates OC&C Strategy Consultantas Hong Kong Pascal Martin.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X