Simak Pentingnya Persiapkan Dana Pendidikan untuk Anak Anda

Kompas.com - 08/07/2019, 09:40 WIB
Ilustrasi pendidikan www.shutterstock.comIlustrasi pendidikan

JAKARTA, KOMPAS com - Memasuki masa-masa berkeluarga pasti punya segudang kebutuhan wajib yang harus terpenuhi, lebih banyak ketimbang Anda masih hidup sendiri.

Tetapi, jangan sampai biaya pendidikan anak justru lolos dari catatan keuangan Anda meski banyak kebutuhan lain.

Untuk itu, simak pentingnya mempersiapkan biaya pendidikan jauh-jauh hari sebelum usia anak Anda siap bersekolah.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Keuangan Tahunan Agar Tidak Jebol

1. Wajib

Bagaimanapun, biaya pendidikan menjadi biaya wajib yang mesti Anda sisihkan untuk anak Anda. Sebab, anak juga merupakan aset berharga di masa depan.

Co-Founder dan Kepala penasihat keuangan Jouska Indonesia Indah Hapsari mengatakan, Anda wajib memenuhi segala kebutuhan mendasar anak, salah satunya dana pendidikan.

"Biaya pendidikan anak harus dipikirkan, ya. Karena memang sudah kewajiban orangtua memberikan kehidupan yang layak. Sekaligus anak adalah aset masa depan," kata Indah Hapsari di Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

2. Biaya pendidikan semakin mahal

Biaya pendidikan dari tahun ke tahun semakin mahal. Biasanya naik sekitar 15 persen setiap tahun. Apalagi, Indonesia belum memiliki regulasi yang mengatur dan membatasi tarif pendidikan, seperti biaya masuk atau uang pangkal, biaya buku, SPP, dan biaya kegiatan lainnya.

Inilah yang membuat Anda mesti mempersiapkan dana pendidikan untuk anak. Lalu, kapan idealnya menyiapkan dana pendidikan?

"Paling ideal ketika anaknya sudah ada, baru kita siapkan anggaran pendidikannya," kata Indah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X