KILAS

Bukit Asam Berikan 3 Bantuan Strategis untuk Masyarakat Sumbar

Kompas.com - 09/07/2019, 18:00 WIB
Direktur Utama Bukit Asam dan Gubernur Sumbar menandatangani prasasti peresmian pompa air tenaga surya dan jembatan lintau buo.  PT Bukit AsamDirektur Utama Bukit Asam dan Gubernur Sumbar menandatangani prasasti peresmian pompa air tenaga surya dan jembatan lintau buo.

KOMPAS.com - Dalam rangka menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, PT Bukit Asam Tbk memberikan tiga bantuan strategis untuk menopang perekonomian masyarakat Sumatera Barat (Sumbar).
 
Tiga bantuan tersebut adalah pompa air tenaga surya untuk irigasi di Desa Talawi, Sawahlunto, pembangunan jembatan lintau buo di Kabupaten Tanah Datar, dan penyerahan satu bus operasional sekolah di Kabupaten Agam.

“Melalui bantuan-bantuan ini, kami berharap dapat membantu perekonomian masyarakat Sumbar," ujar Corporate Secretary Bukit Asam, Suherman Soeherman, sesuai rilis yang Kompas.com terima, Selasa (9/7/2019).

Dalam menentukan jenis bantuan, lanjut Suherman, Bukit Asam sudah terlebih dahulu melakukan riset di lapangan dengan mencari tahu apa saja yang sangat dibutuhkan masyarakat. 

Baca jugaUpaya PT Bukit Asam Jadikan Tambang Sawahlunto Warisan Dunia UNESCO

Bantuan pompa air tenaga surya contohnya, sebelum adanya bantuan tersebut, masyarakat di Desa Talawi hanya mengandalkan hujan untuk mengairi sawah.

"Kini masyarakat dapat melakukan masa tanam hingga 3 kali dalam setahun, meningkat dari sebelumnya yang hanya 1 kali," ucap dia.

Bantuan Bukit Asam juga berperan memberikan akses jalan, khususnya kepada masyarakat Desa Situgal dan Desa Kotu Niur lewat pembangunan jembatan.

Sekedar informasi, akses antar kedua desa tersebut sempat terputus akibat banjir bandang yang menerjang Kabupaten Tanah Datar Oktober 2018 lalu.

"Langkah ini sesuai dengan tekad Bukit Asam untuk tumbuh bersama masyarakat,” ujar Suherman.

Baca jugaBerjasa bagi Masyarakat dan Lingkungan, PT Bukit Asam Raih Penghargaan

Tak hanya menyasar perekonomian masyarakat, bantuan Bukit Asam juga menyasar pendidikan lewat bantuan satu bus operasional untuk SMP Negeri 1 Tilatang Kamang, di Kabupaten Agam.

"Tujuannya untuk membantu kegiatan operasional sekolah serta kegiatan belajar mengajar," jelas Suherman.

Sebagai informasi, bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Direktur Utama Bukit Asam, Arviyan Arifin kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, di Desa Talawi, Kota Sawahlunto, Senin (8/7/2019).

Dalam kesempatan ini, Arviyan Arifin dan Gubernur Sumatera Barat juga menandatangani prasasti peresmian pompa air tenaga surya dan jembatan Lintau Buo.  

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X