Negosiasi Perdagangan AS dan China Kembali Berlanjut

Kompas.com - 10/07/2019, 17:07 WIB
Ilustrasi perang dagang AS dan China. SHUTTERSTOCKIlustrasi perang dagang AS dan China.

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pejabat Kementerian Perdagangan Amerika Serikat bakal kembali melakukan diskusi perdagangan dengan pejabat China pada Selasa (10/7/2019) waktu setempat.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin bakal berdiskusi dengan Perdana Menteri China Liu He dan Menteri Perdagangan Zhong Shan untuk meneruskan proses negosiasi di antara kedua negara tersebut.

Dilansir dari CNBC, Rabu (10/7/2019), dalam keterangan resmi dari pemerintah AS dijelaskan, kedua negara ekonomi terbesar di dunia tersebut bakal menyelesaikan masalah-masalah utama terkait perselisihan dagang mereka.

Kementerian perdagangan China pun mengonfirmasi hal tersebut. Kedua belah pihak dinyatakan sepakat untuk menghindari semakin melebarnya konflik perdagangan yang berpotensi merusak iklim investasi global.

Baca juga: Inilah 4 Negara yang Paling Diuntungkan Perang Dagang China-AS

Adapun akhir bulan lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping bertemu di KTT G-20 Jepang dan sepakat untuk tidak memberlakukan tarif baru.

Trump telah mendorong Beijing untuk membeli lebih banyak produk Amerika Serikat dan menyelesaikan masalah pencurian kekayaan intelektual.

Sebelumnya, penasihat ekonomi utama Gedung Putih Larry Kudlow, mengatakan pemerintahan Trump menilai menjadi penting bagi China untuk membeli produk pertanian AS selama proses negosiasi berlangsung.

Kudlow pun mengatakan, tidak ada batas waktu tertentu selama proses negosiasi berlangsung. Dia menilai, yang terpenting dari proses negosiasi adalah kualitas, bukan kecepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.