Cabai Merah Hingga Emas Perhiasan Bakal Pengaruhi Inflasi Juli 2019

Kompas.com - 19/07/2019, 15:20 WIB
ilustrasi cabai rawit merahKOMPAS.com/ACHMAD FAUZI ilustrasi cabai rawit merah

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil survei pemantauan Harga Bank Indonesia (BI), tingkat inflasi hingga pekan ke-3 Juli 2019 sebesar 0,2 persen dari bulan ke bulan, dengan tingkat inflasi tahunan sebesar 3,2 persen.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memaparkan, besaran inflasi dikontribusikan oleh beberapa komoditas, seperti cabai merah hingga emas perhiasan.

Adapun cabai merah memiliki kontribusi cukup tinggi terhadap tingkat inflasi pada periode Juli 2019 ini. Pasalnya, sumbangan kenaikan harga cabai merah terhadap inflasi mencapai 0,15 persen. Adapun untuk cabai rawit sebesar 0,1 persen dan emas perhiasan sebesar 0,04 persen.

"Berdasarkan survei pemantauan harga sampai minggu ke-3 Juli, kami perkirakan inflasi sebesar 0,2 persen (mtm) dan year on year sebesar 3,2 persen," ujar Perry di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Baca: Mau Investasi, Kenapa Harus Pertimbangkan Inflasi?

"Inflasi tercatat di beberapa komoditas, untuk cabai merah sumbangannya sebesar 0,15 persen, cabai rawit sebesar 0,1 persen dan emas perhiasan sebesar 0,04 persen," lanjut dia.

Adapun beberapa komoditas lain yang justru mengalami penurunan harga dan menyumbang terhadap deflasi adalah harga tarif angkutan antar kota sebesar 0,08 persen, bawang merah 0,05 persen, dan daging ayam ras 0,03 persen.

Perry menyimpulkan, inflasi hingga minggu ke-3 Juli 2019 ini terjaga rendah. Berbeda dengan dua bulan sebelumnya yang cukup tinggi lantaran momentum Ramadhan dan Idul Fitri.

"Tapi mulai Juli sudah turun, kembali rendah, normal. Insyallah akhir tahun inflasi di bawah titik tengan sasaran 3,5 persen," ujar dia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X