Platform Keuangan Menjamur, Tandatangan Digital akan Jadi Tren

Kompas.com - 19/07/2019, 16:32 WIB
Ilustrasiwww.shutterstock.com Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) mengungkapkan, tanda tangan digital kemungkinan akan menjadi tren dalam beberapa tahun ke depan.

Hal ini menyusul banyaknya platform keuangan yang membutuhkan verifikasi digital dalam setiap persetujuan atau transaksi digital.

"Ya salah satunya verifikasi digital, itu kemungkinan akan sangat banyak ke depan," ujar Kepala Group Inovasi Keuangan Digital OJK Triyono di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

"Jadi prediksi kami verifikasi digital akan sangat banyak di masyarakat. Salah satunya digital signature," sambung dia.

Baca: "Fintech" dan Tanda Tangan Elektronik

OJK memprediksi, akan banyak platform keuangan yang akan muncul. Termasuk platform digital khusus pembiyaan atau pinjaman online.

Saat ini saja, platform keuangan sudah banyak muncul. Salah satu yang menyita perhatian yakni platform pinjaman online. Selain itu ada juga platform financial planner.

Triyono menilai, platform digital pembiayaan masih memiliki risiko yang peling besar diantara platform keuangan lainnya, termasuk platform perencanaan keuangan.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kepercayaan antara platform dan masyarakat maka dibutuhkan verifikasi digital berupa tandatangan digital.

"Kalau bicara financial planner kan membantu bahkan itu tidak ada risiko," kata dia.

"Tetapi kalau pembiyaan kan mungkin ada risiko dari project yang tidak benar, tidak sesuai dengan apa yang ada di awal. Jadi sisi pembiyaan risikonya masih besar. 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X