Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: PNS Harus Siap Ditempatkan di Mana Saja

Kompas.com - 24/07/2019, 13:31 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus selalu siap dalam kondisi apapun. Termasuk ketika ditempatkan atau ditugaskan mengabdi di daerah.

"PNS muda harus siap ditempatkan di mana saja. Itu salah satu tekad dan pengabdian," kata JK dalam kegiatan Presidential Lecture 2019 di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Menurut JK, CPNS yang akan tempat untuk di sebuah daerah merupakan bagian dari pengabdian kepada negara. Pasalnya, wilayah Indonesia yang sangat luas sehingga tidak harus terpusat di kota, khususnya pulau Jawa.

"Bangsa ini bangsa yang besar. Kita tidak boleh punya prinsip pegawai asal daerah tersebut harus di kota itu. Prinsipnya harus siap ditempatkan di mana saja,” tuturnya.

Baca juga: Pemerintah Cairkan Gaji Ke-13 untuk PNS, TNI, Polri, dan Pensiunan

Dia menambahkan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) juga tidak boleh menolak perintah jika ditugaskan ke daerah. Sebab ASN digaji oleh negara dan mendapatkan tunjangan dari negara, karenanya harus mau bekerja di mana saja.

“Karena itu maka Anda terpilih, Anda diangkat, Anda diberikan tunjangan yang lebih baik. Tapi tugasnya tidak ringan,” sebutnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com