Ada Ketidakpastian Global, Ini 4 Isu yang Harus Dicermati Investor

Kompas.com - 26/07/2019, 10:20 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKSIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pasar finansial masih begitu dinamis. Hal ini terkait dengan ramainya isu perang dagang antara China dan AS.

Investment Specialist PT Manulife Asset Manajement Indonesia Dimas Ardhinugraha dalam laporannya, Jumat (26/7/2019) menuturkan, dalam kondisi seperti saat ini, investor di pasar finansial mengalami kesulitan untuk menentukan arah investasinya.

Untuk itu, dia menyarankan agar investor memfokuskan diri pada beberapa poin sebagai berikut.

1. Indikasi pertumbuhan ekonomi global yang melambat

Saat ini beberapa indikator ekonomi global seperti data manufaktur, data pesanan ekspor dan data perdagangan global melemah. Dalam hal ini, ada dua faktor yang mempengaruhi.

Faktor utamanya yakni, ketidakpastian perang dagang yang menyebabkan investor dan perusahaan-perusahaan menunda investasi. Faktor kedua, dilihat dari efek negatif yang ditimbulkan akibat bank sentral yang menaikkan suku bunga secara gobal pada tahun lalu.

Baca juga: IMF Pangkas Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global Tahun Ini dan 2020

2. Bank sentral secara global lebih akomodatif

Bank Sentral AS dan Bank Sentral Eropa beranjak lebih akomodatif untuk mendukung perekonomian secara global pada bulan kemarin. Dengan hal tersebut, tidak menutup kemungkinan akan terjadi penurunan suku bunga atau melakukan stimulus kebijakan-kebijakan lain untuk mendorong pertumbuhan ekonomi global.

“Bank sentral negara Asia, seperti di India, Filipina, Malaysia, dan juga Australia, sudah mulai menurunkan suku bunganya. Oleh karena itu, menurut kami ini bisa menjadi suatu poin untuk memitigasi pelemahan ekonomi global yang terjadi saat ini,” ujar Dhimas.

3. Kondisi makroekonomi Indonesia tetap kondusif

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X