Kompas.com - 01/08/2019, 13:44 WIB
Pegadaian KOMPAS/HERU SRI KUMOROPegadaian

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) berhasil membukukan kenaikan laba sebesar 11,7 persen menjadi Rp 1,53 triliun pada semester I-2019. Adapun laba di semester I-2018 hanya sebesar Rp 1,37 triliun.

Melihat naiknya pertumbuhan, Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan Pegadain telah berhasil menyumbang Rp 1,4 triliun untuk devisa negara.

"Pegadain kinerjanya sangat positif dan mampu memberikan kontribusi pada negara yang lebih besar. Kira-kira saat ini kita telah menyumbang Rp 1,4 triliun kepada devisa negara," kata Kuswiyoto dalam Ngopi BUMN di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Baca juga: Semester I 2019, Deposito Emas Pegadaian Tembus 3,1 Ton

Sejalan dengan laju pertumbuhan laba, aset perusahaan pun naik 6,25 persen menjadi Rp 56,09 triliun dibanding periode yang sama sebesar Rp 52,79 triliun.

Saat ini, Pegadaian telah memiliki 12,1 juta nasabah. Menurut Kuswiyoto, jumlah nasabah ini lebih besar ketimbang jumlah nasabah salah satu bank BUMN.

"Kita sudah memiliki nasabah sebesar 12,1 juta. Kalau dari sisi jumlah nasabah, nasabah kita lebih besar dari BTN yang kira-kira 7,8 juta," pungkas Kuswiyoto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tahun Ini, Pegadaian Luncurkan Kartu Tabungan Emas Berbunga Rendah

Untuk menjaga laju pertumbuhan, Pegadaian bakal terus menggenjot pengembangan aplikasi Pegadaian digital sehingga nasabah Pegadaian akan semakin mudah dan cepat dalam bertransaksi.

"Ke depan ini Pegadaian akan terus bertransformasi untuk tetap relevan dalam perkembangan digital. Transformasi yang luar biasa, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan customer yang ada maupun yang akan ada," ujar Kuswiyoto.

Tak hanya itu, Pegadaian terus menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan BUMN untuk mensinergikan bisnisnya dalam keagenan Pegadaian, pemasaran produk, dan layanan antar perusahaan terkait.

Baca juga: Garap Pemasaran Produk Bersama, Pegadaian Gandeng 8 BUMN

Adapun saat ini, Pegadaian telah memiliki 8.200 agen, 4.200 outlet, 2.200 sales force, dan 800.000 pengguna pegadaian digital. Selain itu, pegadaian telah menyalurkan dana Rp 34,6 miliar untuk bina lingkungan, yang disalurkan dalam sektor bencana alam, pendidikan dan pelatihan, kesehatan, sarana umum, dan sarana ibadah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.